Kondisi Fisik Saat Patah Hati Mirip Serangan Jantung

   •    Minggu, 03 May 2015 08:56 WIB
romansa
 Kondisi Fisik Saat Patah Hati Mirip Serangan Jantung
Kondisi fisik saat patah hati mirip gejala serangan jantung (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Putus cinta atau ditinggal orang yang disayang membuat orang patah hati. Patah hati atau sakit hati sebenarnya hanyalah ungkapan untuk menggambarkan bahwa batin seseorang sedang terluka.

Tentu saja, patah hati tak hanya menyedihkan, bahkan hal ini mungkin bisa membuat fisik Anda sakit. Pernahkah Anda bertanya, apa yang sebenarnya terjadi saat sedang patah hati?

Penelitian menunjukkan bahwan ketika seseorang sedang patah hati, mereka akan mengalami kesedihan yang mendalam, nyeri dada, dan sesak napas.

Mereka akan mengalami ini bahkan meski kondisi tubuhnya sangat sehat. Hal ini umumnya lebih sering menimpa kaum wanita ketimbang pria.

Sindrom patah hati biasanya muncul setelah seseorang mengalami serangan secara emosional seperti kematian orang yang dicintai, perceraian, putus cinta, atau penolakan dari orang yang dicintai.

Ketika Anda mengalami kondisi ekstrem yang menyakiti psikologis Anda, akan berdampak langsung pada fisik. Dalam kondisi ini, tubuh akan melepaskan beragam bahan kimia  termasuk adrenalin, sehingga mengakibatkan lonjakan pada otot jantung dan membuat jantung tidak dapat memompa darah dengan baik dan benar.

Kondisi ini sering dikaitkan hampir sama dengan serangan jantung. Namun, belum ada bukti yang menunjukkan adanya penyumbatan pada arteri jantung saat seseorang mengalami patah hati.

Patah hati mungkin bisa berakibat fatal, namun Anda tak perlu khawatir karena hal ini dapat diobati dan otot jantung juga bisa pulih dengan cepat. (Ningtriasih/Venusbuzz)


(ROS)