Mendag Undang Pengusaha Italia

Suryopratomo    •    Minggu, 03 May 2015 11:57 WIB
perdagangan
Mendag Undang Pengusaha Italia
Menteri Perdagangan Rahmat Gobel - ANTARA FOTO/Teresia May

Metrotvnews com, Italia: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengundang pengusaha Italia untuk meningkatkan investasi dan perdagangan dengan Indonesia. Pengusaha Italia bisa menjadi partner baik untuk usaha kecil dan menengah maupun teknologi tinggi.

Dalam acara makan siang di Hotel Saviola, Milan, Kamis, Mendag menjelaskan tentang peluang usaha yang bisa dilakukan pengusaha Italia. Menurut Rachmat, pemerintah Joko Widodo sudah menetapkan rencana pembangunan yang tinggi di antaranya membangun poros maritim dan infrastruktur seperti pembangkit listrik 35 ribu megawatt (mw).

" Italia mempunyai kemampuan dalam bidang teknologi tinggi. Di samping itu Italia mempunyai pengusaha kelas menengah khususnya di bidang fashion, yang berkelas dunia," ujar Rachmat, di Italia, Minggu (3/5/2015).

Duta Besar Indonesia untuk Italia August Parengkuan menambahkan, Italia sangat kuat di bidang kemaritiman. Ia sangat antusias untuk mengundang pengusaha Italia datang ke Indonesia karena akan bisa menunjang program Presiden Jokowi dalam membangun poros maritim.

Ketua Bidang Hubungan Pengusaha Italia dan Indonesia, Ricardo Monti menilai Indonesia merupakan negara yang potensial untuk dijadikan partner bisnis. Jumlah kelas menengah Indonesia luar biasa dan ia dua tahun lalu melihat sendiri tingginya potensi Indonesia tersebut.

" Selama ini Indonesia menjadi pemasok energi bagi Italia. Indonesia juga mengekspor komoditas pertanian bahkan ekspor CPO Indonesia mencapai 50 persen kebutuhan Italia," papar Monti.

Di sisi lain Monti menjelaskan potensi yang dimiliki Italia. Negaranya memiliki keunggulan teknologi di bidang kelistrikan dan maritim. Italia juga maju di bidang farmasi.

Sekadar informasi, acara makan siang kemarin dihadiri pengusaha Indonesia dan Italia. Dari Jakarta hadir Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Joko Supriyono, Preskom Alfamart Djoko Santoso, Pemilik Kopi Kapal Api, pengusaha perikanan Johannes Widjanarko, dan pengusaha garmen Sugianto.

Mendag dan para pengusaha berada di Milan untuk menghadiri Pembukaan World Expo 2015 yang akan dilangsungkan hari Jumat di Milan.


(ABD)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

2 hours Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA