Berkunjung ke Gua Sunyaragi, Gua Batu Karang

Ahmad Rofahan    •    Minggu, 03 May 2015 15:46 WIB
objek wisata
Berkunjung ke Gua Sunyaragi, Gua Batu Karang
Foto: Wisatawan mengunjungi Taman Sari Gua Sunyaragi, Kota Cirebon, Jawa Barat/MTVN_Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Gelar Seni Pesanggrahan digelar di Taman Sari Gua Sunyaragi di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Pergelaran yang menampilkan kesenian khas Cirebon ini untuk menarik wisatawan ke Taman Sari Gua Sunyaragi.

"Kami menampilkan kesenian yang cukup sulit ditemukan di acara-acara umum," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Taman Sari Gua Sunyaragi, Eko Ardhi Nugraha, kepada Metrotvnews.com, Minggu (3/5/2015)

Gua Sunyaragi didirikan pada 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen, cicit Sunan Gunung Jati. Kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Uniknya, gua yang berada di tengah Kota Cirebon ini terbuat dari batu karang. Cagar budaya ini berada di lahan seluas 15 hektare. Konon, gua ini merupakan tempat menyucikan diri dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Sesuai nama Sunyaragi dari bahasa Sanskerta yakni Sunya artinya sepi dan Ragi artinya raga.

Hanya membayar tiket masuk Rp10.000 per orang, pengunjung dapat mengelilingi Gua Sunyaragi sekaligus menyaksikan pegelaran seni tradisional yang dipentaskan. Melihat animo pengunjung yang cukup tinggi, pengelola Taman Sari Gua Sunyaragi berencana menggelar kegiatan seni dan budaya ini setiap dua pekan sekali.

"Ada peningkatan pengunjung ketika pegelaran ini dilaksanakan. Untuk saat ini, masih sebulan sekali diselenggarakan pada minggu pertama. Selanjutnya, kami berencana untuk mengadakan setiap dua minggu," ujar Eko.

Menurut Eko, pegelaran seni yang akan ditampilkan akan selalu berbeda setiap bulan. Ini untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Salah satu yang ditampilkan pada pementasan kali ini adalah tari ronggeng bugis. Yaitu tari yang digunakan untuk penyamaran saat masa Sunan Gunung Jati," pungkasnya.

Tunggu apa lagi. Bagi Anda yang berada di Kota Cirebon, tidak ada salahnya mengunjungi Taman Sari Gua Sunyaragi.


(TTD)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA