Sebanyak 39.308 Guru Siap Mengawasi UN SMP di Bandung

Roni Kurniawan    •    Minggu, 03 May 2015 20:38 WIB
ujian nasional
Sebanyak 39.308 Guru Siap Mengawasi UN SMP di Bandung
Foto: Ilustrasi/Ant_Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 39.308 guru disiapkan untuk mengawas ujian nasional (UN) tingkat SMP/sederajat yang akan dimulai Senin (4/5/2015) esok. Para guru itu berasal dari sejumlah sekolah di Kota Bandung, Jawa Barat, yang dipilih menggunakan sistem silang.

"Jadi dari segi pengawas itu ada 39.308 orang. Sistemnya disilang, misalnya guru sekolah A awasi sekolah B, guru sekolah B awasi sekolah C dan seterusnya. Satu ruang itu diawasi oleh dua orang," ujar Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Bandung, Syaripudi saat dihubungi via telepon seluler, Minggu (3/5/2015).

Selain itu, untuk soal-soal UN baru bisa diambil di subrayon oleh setiap sekolah pagi hari sebelum UN dimulai. Begitu pun dengan hasil ujian setiap hari diserahkan kembali ke subrayon masing-masing lalu diserahkan ke Disdik Kota Bandung.

"Sekolah-sekolah penyelenggara mengambil di masing-masing subrayon pagi-pagi sekali. Lalu setelah selesai, diserahkan lagi ke subrayon, hasil ujiannya. Lalu diterima di dinas. Di Dinas nanti siangnya ke Provinsi," tuturnya.

Namun, ia belum bisa memastikan total paket soal UN tingkat SMP yang akan digunakan esok hari. Pasalnya, yang mengetahui dengan pasti total paket soal UN SMP yang digunakan di Kota Bandung ialah Pemerintah Provinsi.

"Paket soalnya, kami belum ada konfirmasi. Jadi tahunya mungkin besok hari senin. kalau alat ukur paketnya ada berapa, yang tahunya provinsi," pungkasnya.


(TTD)