Marwan Minta Kades Siapkan Rencana Optimalisasi Dana Desa

Damar Iradat    •    Senin, 04 May 2015 01:39 WIB
dana desa
Marwan Minta Kades Siapkan Rencana Optimalisasi Dana Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Ja'far. (foto: Dok. Kemendes DTT).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDT&T) Marwan Ja'far meminta semua kepala desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyiapkan rencana optimalisasi dana desa. Permintaan Marwan ini tak lepas dari pencairan dana desa yang tinggal menunggu proses administrasi.

"Untuk mencairkan dana desa, harus disiapkan minimal tiga hal, RPJMDes, RKPDes dan APBDes. Yang belum penuhi, segera penuhi. Gunakan seoptimal mungkin untuk membangun desa, silahkan atur sesuai dengan kebutuhan desa masing-masing, termasuk membuat BUMDes," kata Marwan dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com, Minggu (3/5/2015).

Tak lupa, Marwan mengingatkan bupati bahwa dana desa dari APBN untuk Kabupaten berkisar Rp41miliar. Dana ini nantinya akan dibagikan ke 161 desa yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Selain itu, Marwan juga meningatkan agar bupati segera mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbub) soal pengelolaan dana desa. Sehingga nantinya proses pencairan dana desa bisa segera terlaksana.

"Besaran dana desa yang akan diperoleh tiap desa tergantung pada empat juklak, yakni jumlah penduduk, luas wilayah, kesulitan geografis dan kemiskinan. Tapi jika rata-rata setiap desa akan mendapatkan antara Rp240 juta sampai Rp280juta," jelas Marwan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Hulu Sungai Tengah, Harun Alrasyid berharap, agar pemerintah bisa membantu wilayah yang dipimpinnya. Khususnya memperkuat sektor pertanian.

"Masyarakat kabupaten ini mayoritas adalah petani. Dengan produksi 220ribu ton pad per tahun, kita sudah surplus dan sudah dua tahun mendapatkan Adikarya Pangan dari Pemerintah Pusat. Mendes harus memperkuat sektor ini," jelas Harun.


(DRI)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA