Ini Tanggapan Ahok Terkait Aksi Bakar Diri Saat May Day

Wanda Indana    •    Senin, 04 May 2015 12:26 WIB
may day
Ini Tanggapan Ahok Terkait Aksi Bakar Diri Saat <i>May Day</i>
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Lukman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Peringatan hari buruh sedunia pada 1 Mei 2015 diwarnai dengan aksi bakar diri. Pria dengan kondisi sekujur tubuh terbakar jatuh dari atap Stadion Gelora Bung Karno.
 
"Saya tidak tahu kabar itu, harus diselidiki apa motifnya. Saya yakin polisi sudah lakukan penyelidikan. Psikolog yang mengerti kenapa kejiwaan orang bisa terganggu sampai nekat bakar diri," kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, saat mengunjungi pelaksanaan UN di SMAN 80 Sunter, Jakarta Utara, Senin (4/5/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu tidak membenarkan jatuhnya pria tersebut akibat tuntutan buruh tidak dipenuhi. Ahok menegaskan, pihaknya sudah berusaha membantu mencukupi kebutuhan buruh melalui program-program Pemprov DKI. “Ada KJP, KJS, intergrasi TransJakarta,” katanya.
 
Walapun ada insiden, namun Ahok mengaku lega unjuk rasa berjalan lancar. Ia mengucapkan terima kasih kepada buruh dan kepolisian yang berhasil mengamankan peringatan May Day. Mantan Bupati Belitung Timur itu menilai, unjuk rasa buruh mengalami kemajuan.
 
"Saya terima kasih kepada polisi dan buruh, hampir tak ada kerusakan. Ada tanaman yang patah terinjak-injak, itu wajar karena terlalu banyak orang yang berdesakan. Jadi betul-betul tertib demo," ujar Ahok.
 
Pihaknya, sedang menggalakkan program lima ketertiban sebagai pedoman pembangunan di Jakarta mulai tahun ini. "Kami sudah mencanangkan lima tertib, yaitu tertib PKL, lalu lintas, sampah, rumah susun, dan demo," katanya.
 


(FZN)