Primadona, Pemda Dompu Dukung Percepatan Budidaya Jagung

Eko Nordiansyah    •    Senin, 04 May 2015 12:27 WIB
pangan
Primadona, Pemda Dompu Dukung Percepatan Budidaya Jagung
JAGUNG (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Metrotvnews com, Jakarta: Bupati Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat Bambang M Yasin mengatakan, Pemerintah Daerah Dompu saat ini sedang fokus terhadap pengembangan budidaya jagung.

" Dompu memilih jagung sebagai primadona utamanya, karena tiba-tiba saja minat warga menanam jagung melonjak tajam," ujarnya, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (4/5/2015).

Bambang menambahkan, lahan potensial jagung di Dompu ditaksir mencapai hampir 80 ribu hektare (ha). "Sementara yang sudah ditanam hingga akhir 2010 tak sampai 10 ribu ha. Sejumlah langkah nyata saya sampaikan pada warga Dompu, untuk mendukung pengembangan budidaya jagung yang akan menjadi primadona utamanya," jelas Bambang.

Adapun beberapa langkah nyata percepatan pembudidayaan, di antaranya membuka 10 ribu lahan baru untuk pengembangan budidaya, menyediakan sekitar 5 ribu bibit unggul siap tanam dengan harga subsidi pada petani, dan mempermudah akses petani kepada bank dengan memberikan jaminan dari dana APBD.

Selain itu juga, pihaknya memastikan stabilitas harga jual jagung dengan menetapkan harga jual terendah Rp2 ribu kepada perusahaan mitra pemerintah daerah, serta melibatkan pihak TNI di tingkat desa untuk mendampingi petani.


(ABD)