Jepang Bakal Bebas Visa ke Indonesia Juni Ini

Husen Miftahudin    •    Senin, 04 May 2015 12:59 WIB
hubungan bilateral
Jepang Bakal Bebas Visa ke Indonesia Juni Ini
JK - (Foto: Husen Miftahudin)

Metrotvnews com, Jakarta: Pemerintah Indonesia terus meningkatkan hubungan Indonesia dan Jepang yang sudah terjadi selama puluhan tahun. Salah satu mempererat hubungan tersebut adalah dengan membebaskan visa bagi warga negara Jepang yang ingin tinggal di Indonesia untuk sementara waktu.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui bahwa keadaan sekarang ini kurang adil bagi warga Jepang. Pasalnya, warga negara Indonesia (WNI) yang ingin ke Jepang sudah terbebas akan visa masuk dan segala macam, sedangkan Jepang sendiri hingga kini masih berbelit menyoal surat izin tinggal sementara atau bekerja di Indonesia.

" Segera kita dapat melakukan bebas visa, karena orang Indonesia ke Jepang sudah bebas visa. Kita lagi dalam proses bebas visa. Maka itu kita janjikan ke mereka bulan Juni akan juga bebas visa," ujar JK, usai menerima kedatangan Parlemen Jepang dan Econonomic Reserach Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2015).

Selanjutnya lanjut JK, Indonesia dan Jepang bakal terus meningkatkan hubungan kedua negara, utamanya dalam bidang ekonomi dan bisnis. Hal ini dilakukan agar Jepang terus menanamkan investasinya di Indonesia untuk menumbuhkembangkan industri yang ada di bumi pertiwi.

Sektor pertanian, masih kata JK, juga perlu ditingkatkan kerjasama dengan Jepang. Dengan target swasembada pangan dua tahun ke depan yang dipatok oleh pemerintah Indonesia, hal ini bakal menjadi lebih mudah jika menggandeng Jepang dalam merealisasikan target tersebut.

"Intinya ialah bagaimana selalu kita meningkatkan hubungan antara Jepang dan Indonesia, baik di bidang bisnis dan ekonomi. Kemudian, bagaimana kerjasama itu antara lain meningkatkan hubungan di bidang pertanian disamping industri," pungkas JK.


(ABD)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA