AMD Siapkan APU Godavari

Mohammad Mamduh    •    Senin, 04 May 2015 14:45 WIB
amd
AMD Siapkan APU Godavari
Accelerated Processing Unit dari AMD

Metrotvnews.com: Produsen prosesor AMD dikabarkan sedang menyiapkan generasi terbaru dari prosesor mereka. Intel sebelumnya menjadi bahan gosip terkait kehadiran prosesor Skylake. Kali ini, AMD juga tampaknya menggarap susksesor dari prosesor APU Kaveri mereka yang diberi nama Godavari. Infromasi ini kami dapatkan DigiTimes yang mengutip pelaku industri di Taiwan.

AMD Godavari tampaknya akan memilki arsitektur yang sedikit lebih canggih dari Kaveri. Inti prosesor yang akan digunakan merupakan versi terbaru dari Excavator, yang juga dilengkapi dengan stream prosesor Graphics Core Next 1.2. Memang belum ada informasi mengenai spesifikasi teknisnya secara lengkap, tetapi Godavari disinyalir mendukung penggunaan antarmuka PCI-Express 3.0 dan controller memori DDR3 dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Sebagai informasi tambahan, beberapa pihak menyebutkan bahwa AMD juga menamai Godavari dengan Kaveri Refresh,atau dengan kata lain bukan penerus sah dari APU Carrizo yang berfokus pada efisiensi konsumsi daya. Di sisi lain, Godavari akan hadir pada soket FM2+, sama seperti Kaveri. Dirancang untuk berhadapan langsung Broadwell, Godavari akan diproduksi dengan fabrikasi 28 nm.

Belum diketahui apakah AMD Godavari akan mendukung penggunaan USB Type-C. Rumor menyebutkan AMD tengan berbincang dengan ASMedia terkait penggunaan USB3.1 pada jajaran chipset motherboard terbarunya nanti. Motherobard tersebut dikabarkan tersedia pada bulan September mendatang. Jika rumor ini benar, AMD akan mengumumkan APU Godavari pada bulan Juni tahun ini.
 


(ABE)