Fokus Penyaluran Energi, KOPI Ingin Ikut Andil di KEK Tanjung Api-api

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 04 May 2015 14:45 WIB
emiten
Fokus Penyaluran Energi, KOPI Ingin Ikut Andil di KEK Tanjung Api-api
Proyek Labuhan Maringgai Lampung. MI/M Soleh

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah kembali lagi menjadi emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Mitra Energi Persada Tbk (KOPI) bakal memokuskan kinerja bidang usaha di penyaluran energi, khususnya penyaluran gas untuk industri.

"Fokus kami di usaha penyaluran energi melalui anak usaha kami PT Mitra Energi Buana (MEB) dengan kepemilikan 99,5 persen telah memiliki kegiatan usaha pada bidang niaga gas bumi melalui pipa dedicated hilir dan jasa terkait. Langkah ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam menjalankan diversifikasi sumber energi," kata Direktur Utama KOPI Ivo Wongkaren ketika ditemui di gedung BEI, Jakarta, Senin (4/5/2015).

Menurut dia, pada saat ini MEB memiliki asset berupa jaringan pipa gas untuk industri sepanjang 25 kilometer (km) di daerah Sumatera Selatan, termasuk Kota Palembang dengan kapasitas terpasang 10 MMSCFD, tapi baru terpakai 3,7 MMSCFD.

Penyaluran gas untuk memenuhi kebutuhan energi industri Karet, bubuk kertas dan crude palm oil (CPO) yang beroperasi di sana. Sambung dia, ke depan perseroana akan meningkatkan jumlah pelanggan, saat ini hanya terpakai 3,7 MMSCFD maka diharapkan bisa meningkatkan tiga kali lipatnya.

Dengan peningkatan gas terpakai tersebut, dia menegaskan, maka pendapatan perseroan bisa menjadi 300 persen menjadi Rp116,3 miliar di 2014.

Pihaknya berharap, perseroan bisa memasok energi ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api. Dengan memasok energi ke sana, maka pemakaian gas bisa meningkat tajam mencapai 5-7 kali dari kapasitas perseroan saat ini.


(WID)