Review Keyboard

SteelSeries APEX M800, Gunakan Mekanik Khusus

Mohammad Mamduh    •    Senin, 04 May 2015 16:51 WIB
review gadget
SteelSeries APEX M800, Gunakan Mekanik Khusus
Keyobard APEX M800 dari SteelSeries

Metrotvnews.com: Setelah mouse dan headset, SteelSeries kembali menghadirkan varian produk terbaru untuk kategori keyboard. Anda pun pasti sudah paham bahwa keyboard ini dirancang untuk mereka yang menggeluti dunia game profesional.

SteelSerires APEX M800 diklaim cocok untuk segalam macam pengoperasian, baik untuk main game maupun mengetik. Benarkah keyboard ini sanggup memenuhi berbagai kebutuhan?

SteelSeries APEX M800 hadir dengan desain yang tampil beda, bahkan saat pertama kali dilihat. Ukurannya besar. Ya, dimensinya memang cukup besar, tak berbeda dengan keyboard pesaingnya dengan segmen pasar yang sama. Namun, APEX M800 memiliki keistimewaan bentuk yang hanya bisa dilihat dari samping, seperti pada penampakannya di atas.



Selain bentuk kaki penyangga yang terlihat unik, APEX M800 juga menggunakan tombol spasi dengan gaya yang berbeda. Anda dapat meilhat bentuk tombol itu yang melebar ke bawah, ketimbang berbentuk persegi panjang lurus, seperti keyboard standar. Tombol spasi yang eksentrik ini rupanya tetap bisa dijangkau ibu jari dengan mudah.



Beralih ke komponennya, SteelSeries APEX M800 adalah keyboard mekanik yang tidak lagi menggunakan komponen mekanik dari Cherry MX. Mereka mengembangkan komponen mekanik seecara mandiri dan menanamkannya pada APEX M800, yang mereka beri nama QS1. Jika dilihat lebih teliti, struktur komponen mekanik QS1 benar-benar berbeda dengan Cherry MX. Penopang tombol dengan celah di tengahnya memungkinkan pemasangan lampu LED untuk pencahayaan tambahan keyboard.



Secara performa, QS1 adalah komponen mekanik yang tepat untuk kebutuhan game. Respons game bisa lebih cepat karena gaya tekan yang lebih baik dan lebih pendek. Bisa dibilang, kecepatan responsnya lebih baik dari Cherry MX Brown. Untuk memastikan ketiadaan ghosting saat gamer memberikan banyak perintah dalam waktu sesingkat mungkin, APEX M800 menggunakan dua prosesor khusus.

Namun, saat digunakan untuk mengetik atau pekerjaan non-gaming lainnya, ia memerlukan waktu yang lebih lama untuk penyesuaian. Salah satu alasannya adalah daya tekan yang lebih pendek ketimbang Cherry MX, sehingga tidak nyaman ketika dipakai untuk mengetik dalam tempo cepat. Waktu penyesuaian yang dibutuhkan akan lebih lama saat seseorang menyesuaikan diri dari penggunaan keyboard membran ke keyboard mekanik.

Kehadiran lampu LED di setiap tombol APEX M800 memungkinkan penggunanya bermain pecahayaan dengan menggunakan software SteelSeries Engine. Perlu diingat bahwa Anda harus menggunakan SteelSeries Engine versi terbaru. Setiap tombol setidaknya menyediakan 16 juta warna. Pihak SteelSeries telah menyediakan beberapa pengaturan khusus untuk lampu LED nya, tetapi Anda juga diberikan kebebasan mengatur jenis pencahayaan untuk tombol apa dan warna apa.

SteelSeries APEX M800 adalah keyboard mekanik dengan teknologi terbaru yang dibanderol dengan harga sekitar Rp2.500.000. Harganya mungkin terbilang mahal jika dibandingan dengan produk sejenis besutan pesaingnya. Di sisi lain, mereka yang sudah lama menggunakan perangkat gaming dari SteelSeries, paham betul kualitas seperti apa yang ditawarkan. Jika Anda membutuhkan keyboard khusus gaming dan memiliki dana berlebih, APEX M800 bisa menjadi salah satu pilihan.
 


(ABE)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA