Jokowi: 70 Tahun RI Merdeka Baru Ada Pembangkit 50 Ribu Mw

Patricia Vicka    •    Senin, 04 May 2015 16:23 WIB
pembangkit listrik
Jokowi: 70 Tahun RI Merdeka Baru Ada Pembangkit 50 Ribu Mw
PRESIDEN JOKO WIDODO (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa daerah banyak mempermasalahkan soal minimnya ketersediaan listrik. Hal ini merugikan karena berdampak terhadap aktivitas bisnis di daerah.

Salah satu cara menekan persoalan tersebut, Jokowi meluncurkan Program Pembangunan Pembangkit 35 ribu Megawatt (Mw) di Pantai Samas, Bantul Yogyakarta. Peluncuran program ini merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatan energi.

"Kita lihat selama ini 70 tahun Indonesia merdeka baru ada (pembangkit listrik) 50 ribu megawatt. Ke depan, kita ingin lebih mengembangkan energi baru dan terbarukan supaya kita tidak bergantung lagi dengan energi fosil," ujar Jokowi, dalam kata sambutannya, di Yogyakarta, Senin (4/5/2015).

Pembangunan proyek 35 ribu Mw ini tercetus karena keprihatinan Jokowi akan masalah kelistrikan di Indonesia. "Tiap saya ke daerah keluhannya selalu defisit listrik atau krisis listrik. Mereka  tidak bisa bangun hotel atau industrialisasi karena menunggu listrik. Kapan kita bisa kembangkan industri kalau tunggu listrik terus," tegasnya.

Karena itu, Jokowi mendesak semua pihak agar bisa bergerak menyelesaikan rencana program yang sudah dirancang. "Akhir kata dengan mengucap Bismilah saya luncurkan program Pembangunan Pembangkit 35 ribu mw," ujar Jokowi

Ia optimistis proyek ini akan selesai dalam waktu lima tahun. "Banyak yang menyangsikan apakah proyek 35 ribu Mw bisa selesai dalam lima tahun. Saya sampaikan bisa. Program ini telah terencana secara detail dan baik dan didukung dengan regulasi yangs udah disederhanakan," tukas mantan walikota Solo ini.

Peluncuran program Pembangunan Pembangkit 35 ribu Mw ditandai dengan penandatanganan power purchased agreement (PPA), letter of intent (Loi) untu EPC dan ground breaking beberapa pembangkit. Peluncuran ini turut didampingi oleh Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut PLN Sofyan Baasir dan kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi.


(ABD)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

12 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA