Casing Ponsel Bisa Jadi Mikroskop dan Menganalisis DNA

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 04 May 2015 18:37 WIB
teknologi
Casing Ponsel Bisa Jadi Mikroskop dan Menganalisis DNA
Casing smartphone ini mampu menganalisis DNA dan penyakit

Metrotvnews.com: Teknologi cetak 3D merupakan salah satu teknologi yang paling disorot akhir-akhir ini. Selain berkembang dengan pesat, aplikasi teknologi tersebut juga semakin beragam, mulai dari kesehatan, hingga fesyen.

Baru-baru ini, teknologi cetak 3D digunakan untuk membuat sebuah casing khusus untuk sebuah ponsel pinta. Casing tersebut bukanlah casing biasa. Ia memiliki kemampuan untuk membuat ponsel Anda menjadi mikroskop canggih yang dapat digunakan untuk menganalisis DNA.

Kemampuan analisis DNA yang ditawarkan pun cukup akurat, bahkan dapat menganalisis DNA yang memiliki panjang hingga 10 ribu susunan (pairs). Selain itu, casing yang dibuat para peneliti di University of California, Los Angeles (UCLA) tersebut pun dapat mendeteksi berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan Alzheimer.

Penemuan tersebut tentunya merupakan kemajuan dalam bidang teknologi kesehatan, dan memungkinkan masyarakat dapat memeriksa kesehatan dengan alat yang ringkas dan terjangkau.

Kemampuan casing yang dapat berfungsi sekaligus sebagai mikroskop ini pun diklaim mampu memeriksa objek hingga ukuran nanometer. Itulah sebabnya mengapa ia dapat menganalisis DNA yang memiliki panjang tak lebih dari 10 ribu susunan. Sedangkan untuk DNA yang panjangnya kurang dari 10 ribu susunan masih dapat dianalisis namun hasilnya kurang akurat. (Ubergizmo)


(ABE)