Atasi Banjir, Sudin PU Tata Air Jakbar Kerahkan Mobil Pompa

   •    Minggu, 13 Jan 2013 18:53 WIB
Atasi Banjir, Sudin PU Tata Air Jakbar Kerahkan Mobil Pompa

MI/JHONI HUTAPEA

Metrotvnews.com, Jakarta: Banjir dan genangan air mewarnai beberapa kawasan di Jakarta Barat di antaranya Pospol Meruya hingga Universitas Mercubuana, daerah Jelambar depan Indosiar, dan Jl Daan Mogot tepatnya depan kantor Samsat Jakarta Barat.

Kepala Suku Dinas (Sudin) PU Tata Air Jakarta Barat, Monang Ritonga mengatakan banjir dan genangan bukan karena tidak berfungsinya saluran air, melainkan intensitas curah hujan yang tinggi. Namun begitu, ia tak menyangkal ada beberapa titik saluran air yang tidak berfungsi. Contohnya di Meruya Utara, kondisinya sudah tertutup oleh warga setempat.

"Untuk mengurangi tinggi genangan, kami akan kirim mobil pompa dan juga mengecek stasiun pompa yang ada," ujar Monang, Minggu (13/1).

Monang melanjutkan upaya setelah mengirim mobil pompa adalah normalisasi saluran air. Hal itu dilakukan agar wilayah tidak mudah tergenang air, khususnya di jalan utama seperti Daan Mogot. Ia pun mengatakan setelah dicek, pompa di kawasan Cengkareng milik Dinas PU memang sedang bermasalah. Ia pun berjanji kirim mobil pompa atau pompa portable malam ini.

"Baru bisa mompa kalau air di kali sudah surut, saat ini ketinggian air kali masih lebih tinggi dari jalan," imbuhnya.

Mobil pompa atau pompa portable mampu menyedot air sejumlah 100liter/detik. Monang pun merencanakan proyek pembangunan saluran air. Rencananya ada 30 titik saluran air yang akan dibangun, akan tetapi pihaknya masih menunggu hasil keputusan yang diajukan kepada Dinas PU Air. "Rencana pembangunan saluran air masih dikaji juga, takutnya nanti ada perubahan," pungkasnya. (*/OL-2)