Setahun Kosong, Kursi Sekretaris KPU Jatim 'Direbutkan' Tiga Calon

Amaluddin    •    Senin, 04 May 2015 21:48 WIB
pilkada
Setahun Kosong, Kursi Sekretaris KPU Jatim 'Direbutkan' Tiga Calon

Metrotvnews.com, Surabaya: Kursi Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU Jawa Timur kosong sejak setahun lalu. Kini, tiga nama calon pun bersaing menduduki kursi itu.

Ketiganya yaitu mantan Kepala Biro Adiministrasi Pemerintahan Umum (Adpum) Pemprov Jatim Suprayitno; Kepala Bagian Keuangan KPU Jatim Ec Aris Gatot Subagyo yang saat ini menjabat Plt Sekretaris KPU Jatim; dan  E Kawima yang sebelumnya menjabat Sekretaris KPU Kabupaten Jember.

Tiga nama ini berdasarkan data yang diperoleh di http://www.kpujatim.go.id/. Nama ketiganya berdasarkan Surat Keputusan Nomor 15/TIMSEL.SES-PROV/IV/2015.

Sebelum munculnya nama tiga besar ini, total peserta lelang jabatan Sekretaris KPU Jatim diikuti sebanyak lima orang. Mereka berasal dari KPU Jatim dua orang, satu orang dari KPU Jember, satu orang dari KPU Tulungagung, dan satu orang dari Pemprov Jatim.

Menurut Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, tiga nama hasil seleksi lelang terbuka tersebut sudah diserahkan ke KPU Pusat. Namun hingga kini masih belum melakukan fit and proper test karena jadwalnya belum turun.

"Saya tidak tahu kapan pastinya jadwal pelaksanaan tes tersebut, karena KPU Pusat belum memberikan jadwal pada KPU Jatim. Penentuan Sekretaris KPU Jatim sepenuhnya menjadi wewenang Sekjen KPU Pusat," kata Eko Sasmito, kepada wartawan, Senin (4/5/2015).

Sebelumnya, Eko Sasmito juga telah memastikan kondisi di sekretariat KPU Jatim selama ini tidak ada masalah, meski sejak Oktober tahun lalu jabatan sekretaris definitif kosong ditinggal Jonathan Judianto, setelah dimutasi Gubernur Jatim Soekarwo.

Seperti yang diketahui, sesuai dengan persyaratan KPU Pusat, jabatan Sekretaris KPU wajib dilelang secara terbuka, tidak boleh ditunjuk seperti penempatan kepala SKPD pada umumnya. Alasannya, KPU merupakan lembaga vertikal yang pengisian pejabatnya harus mendapat SK dari lembaga atasannya.

Akibat aturan itu, Suprayitno yang sebelumnya pernah dilantik Gubernur Soekarwo menjadi Sekretaris KPU Jatim pun tak bisa bertugas. Agar bisa menduduki jabatan itu, Suprayitno harus ikut lelang jabatan, dan kini dia masuk tiga besar dan berpeluang besar lolos.


(RRN)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA