Tak Maksimal Jalankan Tugas, Dirjen Pas Mundur

Indriyani Astuti    •    Selasa, 05 May 2015 02:30 WIB
Tak Maksimal Jalankan Tugas, Dirjen Pas Mundur
Handoyo Sudrajat. (Foto:MI--Mohamad Irfan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Permasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Handoyo Sudrajat menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya.

"Saya mengundurkan diri Rabu (29/4) dan suratnya sudah saya serahkan sendiri kepada Menkumham," kata dia, di Jakarta, Senin (5/5/2015).

Handoyo menuturkan alasan pengunduran dirinya adalah bentuk pertanggungjawaban atas program-program terkait lembaga permasyarakatan yang disusun. Juga mengenai pemberantasan narkotika di Lapas yang masih terjadi.

"Sebagai tanggung jawab moral atas kondisi yang terjadi di Lapas," imbuh dia.

Salah satu program yang belum berjalan seperti pengamanan Lapas yang melibatkan pensiunan anggota TNI untuk Lapas di Nusakambangan hingga kini belum dapat terealisasi. Tidak berjalannya program tersebut, kata dia, karena anggarannya masih belum disetujui.

"Saya malu dengan panglima TNI karena anggarannya belum turun dan peralatannya belum tersedia. Padahal TNI telah dukung sungguh-sungguh", ujar Pria yang pernah menjabat sebagai Deputi bidang Pencegahan di KPK itu.

Lebih lanjut Handoyo mengatakan posisinya nanti akan diisi oleh pejabat pelaksana tugas. Untuk saat ini dirinya masih menjabat sebagai Dirjen PAS hingga pejabat Plt ditentukan.

"Sementara ini masih menunggu. Mudah-mudahan bisa lebih baik," harap dia.

Pengamat Psikologi Politik Universitas Indonesia Hamdi Muluk, memandang langkah Handoyo sebagai tindakan gentleman, pengunduran dirinya dikarenakan bentuk tanggung jawab atas ketidakmampuan menangani permasalahan di Lapas.

“Kita apresiasi, alasannya baik dan indikatornya jelas targetnya pemberantasan narkoba itu memang tanggung jawab sebagai Ditjen Lapas,”kata dia.

Tindakan Handoyo diharapkan dapat menjadi preseden baik bagi para pejabat. Menurut Hamdi, pejabat yang nyata-nyata menjadi tersangka korupsi bahkan enggan mengundurkan diri.

“Jadinya apa yang dilakukan pak Handoyo jadi sesuatu yang berkesan. Kita melihat di republik ini banyak pejabat terang-terangan jadi tersangka korupsi malah tidak mundur,” pungkas peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia itu.

(MEL)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

1 hour Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA