Pastikan Bantuan Tersalurkan, Arab Saudi akan Hentikan Serangan ke Yaman

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 05 May 2015 03:49 WIB
konflik yaman
Pastikan Bantuan Tersalurkan, Arab Saudi akan Hentikan Serangan ke Yaman
Serangan di Yaman (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, Riyadh: Arab Saudi sedang mempertimbangkan untuk menghentikan sementara serangan-serangan udara oleh koalisi terhadap para pemberontak di Yaman guna memberi kesempatan bagi upaya penyaluran berbagai bantuan. Kerajaan Arab itu akan berkonsultasi dengan para anggota koalisi menyangkut rencana ini.

"(Kami) mencari wilayah-wilayah tertentu di Yaman, tempat semua serangan udara dan akan dihentikan sejenak pada waktu-waktu yang ditentukan agar bantuan bisa disalurkan," kata kata Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir seperti dilansir Antara, Senin (4/5/2015).

Koalisi pimpinan Saudi yang terdiri dari negara-negara Arab Sunni itu pada akhir Maret mulai melancarkan serangan-serangan udara di Yaman terhadap kelompok pemberontak Huthi Syiah serta sekutu-sekutu mereka. Serangan dilancarkan setelah kelompok tersebut merebut kendali di banyak wilayah negara itu, termasuk ibu kota negara, Sanaa.

Presiden Abedrabbo Mansour Hadi lari dari Yaman ketika para pemberontak merebut istana kepresidenan di Aden, Yaman Selatan. Pasukan antipemerintah tersebut, menolak untuk menyerahkan wilayah ataupun meletakkan senjata kendati adanya tekanan internasional.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah berulang kali memperingatkan bahwa Yaman yang dilanda kemiskinan itu, sedang menghadapi krisis kemanusiaan parah.

Jubeir mengatakan Arab Saudi berencana untuk membentuk sebuah tempat di wilayahnya untuk mengkoordinasikan seluruh upaya bantuan kemanusiaan bersama PBB, para donor serta badan-badan terkait lainnya. Ia memperingatkan para pemberontak agar tidak mengambil keuntungan dari adanya jeda pemboman.


(MEL)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

12 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA