"Terlalu Sulit bagi Tim Transisi untuk Jalankan Kompetisi"

Alfa Mandalika    •    Selasa, 05 May 2015 06:32 WIB
liga indonesiapssi
Menpora Imam Nahrawi ketika mengumpulkan perwakilan klub peserta Liga Indonesia. (Foto: Antara/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah memutuskan untuk membentuk tim transisi untuk mengambil alih hak dan kewenangan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Situasi itu terjadi usai Menpora Imam Nahrawi membekukan PSSI.

Tujuan Menpora membentuk tim transisi ialah agar kompetisi Liga Indonesia tetap bergulir. Dengan harapan, tim transisi bisa bekerja lebih baik dari PSSI.

Melihat kondisi itu, pengamat sepak bola Ronny Pangemanan justru merasa tim transisi akan kesulitan menggulirkan kompetisi. Apalagi, jika nantinya tim transisi diisi oleh orang-orang yang belum berpengalaman mengurus sepak bola nasional.

"Terlalu sulit (untuk menjalankan kompetisi). Tidak semudah membalikkan tangan untuk menjadi operator liga. Apalagi, kalau orang-orang dalam tim transisi itu belum punya pengalaman menggulirkan kompetisi," ungkap Ropan sapaan akrab Ronny ketika berbincang dengan Metrotvnews.com.

"Dari mana perangkat wasit, hakim garis, inspektur pertandingan yang akan direkrut. Karena semuanya berada di bawah PSSI. Ketika PSSI dibekukan ini menjadi rumit dalam hal pengelolaan kompetisi, karena PT Liga tidak berdiri sendiri. Payungnya adalah PSSI dan kompetisi berjalan di bawah kontrol PSSI. Kecuali, jika PT Liga yang sudah berpengalaman mau bekerja sama dengan tim transisi bentukan Menpora. Ini persoalannya menjadi lain dan kompetisi bisa jalan dengan adanya jaminan dari pemerintah," sambung pria berdarah Manado itu.

Selain itu, Ropan juga beranggapan bahwa klub-klub peserta Liga Indonesia belum tentu bersedia mengikuti kompetisi di bawah tim transisi.

"Masalahnya, apakah klub peserta yang terdiri dari 18 klub itu mau mengikuti kompetisi bila ada ancaman sanksi dari PSSI. Inilah dilematis yang yang ada. Pertanyaan juga akan muncul apakah operator liga mau membantu tim transisi dengan tanpa melibatkan PSSI," tandasnya.

 


(ASM)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA