Pemkab Bangkalan Optimistis Keong Emas tak Ganggu Produksi Padi

Agus Josiandi    •    Selasa, 05 May 2015 13:12 WIB
pertanian
Pemkab Bangkalan Optimistis Keong Emas tak Ganggu Produksi Padi
Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan mengajak petani yang lahannya terserang hama beserta TNI beramai-ramai memungut ribuan keong dan telurnya. Foto: Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Puluhan hektare lahan pertanian di Kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura, Jawa Timur terserang hama keong emas. Namun, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan optimistis serangan hama ini tidak mengganggu produksi padi di daerah tersebut.

Menurut Dispertanak, luas lahan yang terserang hama keong emas masih tergolong kecil jika dibandingkan total hamparan lahan pertanian di Bangkalan.

“Ini saya perkirakan hanya puluhan hektare. Sementara total hamparan lahan di sini mencapai 29.500 hektare. Jadi sedikit sekali,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dispertanak Bangkalan, Geger Heri Susianto, Selasa (5/5/2015).

Dispertanak berjanji memberi bantuan atas serangan hama keong emas yang terjadi di sekitar Kecamatan Burneh selama sebulan terakhir ini.

“Nanti kami data dan kami usahakan agar dapat bantuan benih cadangan. Namun, tetap pengajuannya melalui kelompok tani,” kata Geger.

Sebelumnya, serangan hama di Kabupaten Bangkalan tidak kunjung usai dan terus meluas. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan mengajak petani yang lahannya terserang hama beserta TNI beramai-ramai memungut ribuan keong dan telurnya.

Tidak butuh waktu lama. Sekitar 15 menit para petani diberi penyuluhan oleh staf Dinas Pertanian dan Peternakan. Setelah itu, ribuan keong dan puluhan gerombolan telur yang menempel di batang padi dan rumput dikumpulkan di satu tempat.

“Kami sengaja ajak warga dan anggota TNI untuk memungut keong dan kelompok telurnya, agar hama keong ini tidak semakin meluas,” ujar Geger.

Menurut dia, Dispertanak akan mendata para petani yang mengalami kerugian atas serangan hama keong yang terjadi selama sebulan terakhir.

“Tapi tetap nanti pengajuannya melalui kelompok tani, nanti kami usahakan dapat bantuan benih agar kerugian para petani bisa ditanggulangi,” jelas Geger.

 


(BOB)

Anies Puas dengan Strategi Kampanye

Anies Puas dengan Strategi Kampanye

14 minutes Ago

Anies mengatakan, dirinya dan Sandi tidak akan merubah strategi berkampanye. 

BERITA LAINNYA