Penggunaan Energi Terbarukan di Indonesia Baru 5%

Antara    •    Selasa, 05 May 2015 13:39 WIB
energi
Penggunaan Energi Terbarukan di Indonesia Baru 5%
Ilustrasi energi terbarukan (FOTO ANTARA/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan energi terbarukan di berbagai daerah di Indonesia baru mencapai sekitar lima persen karena masih memiliki ketergantungan yang besar terhadap bahan bakar fosil. Padahal, sumber energi terbarukan di Tanah Air dinilai melimpah dan belum diberdayakan sepenuhnya.

"Data pemerintah menunjukkan bahwa penggunaan energi terbarukan di Indonesia baru mencapai angka lima persen, sementara 95 persen lainnya masih digantungkan pada bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas, dan batu bara, yang cadangannya semakin menipis dan tak begitu lama lagi akan segera habis," kata Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia Hindun Mulaika, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Hindun menyayangkan Indonesia masih sangat tergantung kepada bahan bakar fosil, terutama batu bara. Padahal, Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara adalah sumber emisi karbon terbesar yang merupakan buatan manusia, dan salah satu penyebab terbesar perubahan iklim.

Ia juga berpendapat bahwa batu bara mengakibatkan kerusakan lingkungan yang tak bisa diperbaiki, termasuk pula mata pencaharian dan kesehatan masyarakat Indonesia. "Pemanfaatan besar-besaran energi terbarukan harus dimulai sekarang. Potensi energi terbarukan sangat melimpah di Indonesia, dan potensi kelimpahan energi panas bumi mencapai 40 persen dari total cadangan di dunia," pungkasnya.


(ABD)