Indonesia Bisa Jadi Poros Maritim Dunia

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 05 May 2015 14:55 WIB
lautan luas
Indonesia Bisa Jadi Poros Maritim Dunia
Anggota TNI AL menyambut KRI Banjarmasin-592 di Dermaga Pelabuhan Belawan Medan, Senin 4 Mei 2015. Antara Foto/Septianda

Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan pemerintah bisa mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Indonesia punya ribuan pulau bagus untuk jadi tujuan wisata.

Menurut dia, cita-cita Indonesia jadi poros maritim bisa terwujud jika bisa menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya.

"Kalau punya konektivitas yang bagus, seluruh penjuru tempat di Indonesia yang memiliki resources bagus, atau tempat wisata yang bagus, bisa dijual dan dinikmati. Jadi ada upaya menuju ke sana, konektivitas," kata Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2015).

Jenderal bintang empat ini menilai semangat menjadi poros maritim juga harus dibangun. "Semangat maritimnya dulu harus terbangun dengan baik," ujar dia.



Kapal asal Vietnam yang mencuri ikan di laut Indonesia diledakkan dan ditenggelamkan oleh TNI Angkatan Laut di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat 5 Desember 2014. Foto: MI/Immanuel Antonius


Moeldoko menambahkan, faktor keamanan di wilayah laut Indonesia harus diperhatikan. Kegiatan menangkap sumber daya laut secara ilegal jangan sampai terjadi agar keindahan ekosistem tetap terjaga.

"Kita bisa mengeksploitasi seluruh sumber yang ada di laut untuk masyarakat. Itu yang harus disiapkan," tandas dia.

Paparan Moeldoko sejalan dengan rencana Presiden Jokowi. Presiden menyampaikan ada lima pilar utama untuk membangun maritim.

Pertama, membangun kembali budaya maritim Indonesia. Kedua, menjaga dan mengelola sumber daya laut, dengan fokus membangun kedaulatan pangan melalui pengembangan industri perikanan.

Kemudian, memprioritaskan pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, dengan membangun jalan tol laut, pelabuhan laut dalam, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim.



Sebuah kapal penumpang bersandar di Pelabuhan Paumako, Mimika, Timika, Papua, Sabtu 14 Februari 2015. Antara Foto/M. Agung Rajasa


Keempat, melaksanakan diplomasi maritim. Terkahir, membangun kekuatan pertahanan maritim.

Menjadikan Indonesia poros maritim dunia adalah salah satu target pemerintah Joko Widodo. Hal itu pernah ia sampaikan dalam  Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Asia Timur di Myanmar, Kamis 13 November 2014.


(TRK)