Tersangka Korupsi UPS Gelar Pesta Ulang Tahun di Kantor

Renatha Swasty    •    Selasa, 05 May 2015 15:08 WIB
korupsi ups
Tersangka Korupsi UPS Gelar Pesta Ulang Tahun di Kantor
Ucapa selamat ulang tahun untuk Zainal Soleman di papan iklan elektronik di kantor Dispora DKI Jakarta. Foto: Renatha Swasty

Metrotvnews.com, Jakarta: Tersangka dugaan korupsi pengadaan uninterruptible power supply (UPS) di Jakarta, Zainal Soleman, masih rajin ngantor. Bahkan hari ini ia merayakan ulang tahun bersama anak buahnya di kantor.

Zainal yang menjabat Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta itu merayakan ulang tahun bersama puluhan anak buahnya di Kantor Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta, Jalan Jatinegara Timur Nomor 55, Jakarta Timur.

Dari pantauan Metrotvnews.com ruang Kepala Dinas di lantai dua sudah ramai sejak pukul 10.00 WIB. Petugas jaga di depan ruangan berkilah sedang ada rapat pimpinan (rapim) yang dihadiri Zainal.

"Lagi rapim," kata si petugas pada Metrotvnews.com, Selasa (5/5/2015).

Tapi itu tak seperti rapat. Banyak anak buah Zainal bolak balik ke dalam ruang Kadis dengan menenteng kue ulang tahun. Sesekali, dari ruangan yang ditutup terdengar tepuk tangan.

Betul saja, sekira pukul 12.00 WIB acara selesai, anak buah Zainal keluar sambil membawa nasi dus. Beberapa dari mereka bahkan membawa keluar kue ulang tahun berbagai jenis, juga tumpeng.

Perayaan ulang tahun makin kentara saat ucapan ulang tahun untuk Zainal terpampang dalam papan iklan elektronik di lantai dua. "Selamat Ulang Tahun yang ke-55, Bapak Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta, Dr. Zainal Soleman. Semoga sukses selalu," tulis iklan itu.

Hingga saat ini, Zainal belum juga keluar dari ruangan. Padahal petugas jaga mengatakan Zainal bakal ke Balai Kota setelah acara Rapim.

Belakangan, si petugas mengatakan Zainal masih akan melanjutkan Rapim. Namun dari pantauan tidak terlihat aktivitas rapat.

Zainal yang juga mantan Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat itu dijadikan tersangka oleh Bareskrim Polri. Ia terseret kasus dugaan korupsi pengadaan UPS saat menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Suku Dinas Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Pusat.

Bareskrim juga menersangkakan Alex Usman, mantan Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat sekaligus PPK Suku Dinas Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Barat. Alex sendiri telah ditahan, sementara Zainal belum pernah sekalipun diperiksa.

Zainal dan Alex dijerat Pasal 2 dan Pasal 3 UU Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambahkan dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 51 ayat (1) ke 1 KUHP.


(KRI)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

7 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA