Waktu Bongkar Muat di Tanjung Priok Belum Capai Target

Antara    •    Selasa, 05 May 2015 15:23 WIB
tanjung priok
Waktu Bongkar Muat di Tanjung Priok Belum Capai Target
TARGET DWELLING TIME (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, waktu bongkar muat kapal atau dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, kini sudah mencapai 5,6 hari.

"Dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok sekarang sudah mencapai 5,6 hari. Masih belum mencapai target yang 4,7 hari," kata Menko Indroyono, dalam sidaknya di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Ia menjelaskan, aliran bongkar muat barang dilakukan melalui tiga jalur yakni, pertama Jalur Merah yang merupakan proses pelayanan dan pengawasan pengeluaran barang dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan dilakukan penelitian dokumen sebelum penerbitan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB).

Kedua, Jalur Hijau yaitu proses pelayanan dan pengawasan pengeluaran barang dengan tidak dilakukan pemeriksaan fisik, tetapi dilakukan penelitian dokumen setelah penerbitan SPPB. Ketiga, Jalur Kuning yaitu proses pelayanan dan pengawasan pengeluaran barang impor dengan tidak dilakukan pemeriksaan fisik, tetapi dilakukan penelitian dokumen sebelum penerbitan SPPB. 

"Sebenarnya di Bea Cukai itu 80 persen sudah Jalur Hijau, sebanyak 13 persen Jalur Kuning dan yang Jalur Merah hanya tujuh persen," ujarnya.

Indroyono ingin semua pihak bisa menyosialisasikan prosedur yang ada sehingga perizinan bisa dilakukan sebelum kapal bersandar. Dengan demikian, waktur bongkar muat kapal bisa dipercepat. Terkait target dwelling time, Menko Indroyono mengaku belum bisa menetapkan waktu pencapaiannya lantaran waktunya fluktuatif.

"Januari ini, dwelling time mencapai delapan sampai sembilan hari, lalu turun 6,9 hari dan kemarin sempat turun jadi 4,9 hari. Tapi sekarang naik lagi jadi 5,6 hari. Fluktuatif, tapi pelan-pelan kita sudah tahu di mana saja yang perlu dirapikan," pungkasnya.

Pemerintah menargetkan waktu bongkar muat di pelabuhan akan memakan waktu rata-rata 4,7 hari dengan rincian 2,7 hari di proses "pre-clearance-custom" atau pra-pabean, 0,5 hari di clearance-custom atau pabean, dan 1,5 hari untuk post-clearance-custom.


(ABD)