2015, Istana Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 5,6%

Mufti Sholih    •    Selasa, 05 May 2015 15:56 WIB
pertumbuhan ekonomi
2015, Istana Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 5,6%
Kepala Staf Kantor Kepresidenan, Luhut Binsar Panjaitan. FOTO: MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah sudah menyepakati pertumbuhan ekonomi dipatok 5,8 persen dalam asumsi makro Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (RAPBNP) 2015. Namun, target itu diprediksi meleset lantaran pertumbuhan ekonomi pada kuartal satu hanya 4,71 persen.

"Karena dana untuk rakyat kurang mampu turun, maka saya lihat pertumbuhan kita cukup baik, mungkin tidak 5,8 persen. Tapi bisa 5,4 persen dan 5,6 persen," kata Kepala Staf Kantor Kepresidenan, Luhut Binsar Panjaitan, di Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2015).

Luhut menyebut, turunnya target itu lantaran kondisi ekonomi global yang sedang tak kondusif. Tapi, dia bilang, pemerintah kini sedang melaksanakan proyek pembangunan dan berupaya buat melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi.

"Sudah dihidupkan, diberdayakan, groundbreaking sudah dilaksanakan. Ini langkah yang sangat strategis yang buat harapan baru," sebut dia.

Dia pun menyebut, pemerintah kini tengah bersiap menghadapi kenaikan harga. Sebab diprediksi, kenaikan harga terjadi menjelang Lebaran 2015 pada Juli. Pemerintah pun memantau persediaan barang guna menghindari kenaikan.

"Agenda kita paling penting jelang Lebaran adalah soal harga, Wapres perintahkan buat tim untuk pantau harga. Saya kira sudah benar. Mudah-mudahan tidak ada gejolak harga tak terkendali. Suplai demand adalah kata kunci untuk masalah ini," tegas dia.


(AHL)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

12 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA