OJK Luncurkan Lima Roadmap Pasar Modal Syariah 2015-2019

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 05 May 2015 17:06 WIB
pasar modal syariah
OJK Luncurkan Lima <i>Roadmap</i> Pasar Modal Syariah 2015-2019
Ilustrasi. Antara/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi meluncurkan roadmap pasar modal syariah untuk tahun 2015-2019. Roadmap ini diperlukan dalam rangka mempercepat pertumbuhan pasar modal syariah di Indonesia dengan strategi pengembangan yang terencana, komprehensif dan terukur.

"Strategi itu kemudian dituangkan dalam arah pengembangan pasar modal syariah dalam lima tahun ke depan. Pertama, penguatan pengaturan atas produk, lembaga dan profesi terkait pasar modal syariah," ucap Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida, ketika ditemui dalam acara peluncuran logo dan tagline serta roadmap pasar modal syariah di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Kedua, peningkatan supply dan demand produk pasar modal syariah. Arah pengembangan ini diimplementasikan antara lain melalui kajian pengembangan produk syariah di pasar modal, mendorong penerbitan efek syariah, memperluas basis investor pasar modal syariah dan mengembangkan infrastruktur penunjang pasar modal syariah.

Ketiga, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi pasar modal syariah. Arah pengembangan ini diimplementasikan antara lain melalui peningkatan kuantitas dan kualitas SDM yang melakukan kegiatan di pasar modal syariah serta pengembangan infrastruktur teknologi informasi pasar modal syariah.

Keempat, promosi dan edukasi pasar modal syariah. Arah pengembangan ini diimplementasikan antara lain melalui peningkatan promosi pasar modal syariah, sosialisasi dan edukasi pasar modal syariah kepada masyarakat, kerja sama dengan lembaga terkait untuk menyusun kurikulum pasar modal syariah dan promosi pasar modal syariah ke dunia internasional.

"Dan terakhir yang kelima, koordinasi dengan pemerintah dan regulator terkait dalam rangka menciptakan sinergi kebijakan pengembangan pasar modal syariah. Arah pengembangan ini diimplementasikan antara lain melalui koordinasi dengan beberapa Kementerian, Bappenas, Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), Self Regulatory Organization (SRO) dan lembaga terkait lainnya untuk mengharmonisasikan kebijakan dalam rangka mengoptimalkan pengembangan pasar modal syariah," tuturnya.

Nurhaida menambahkan, roadmap pasar modal syariah tersebut diharapkan menjadi pedoman bagi OJK dan seluruh stakeholders terkait dalam rangka menyatukan dan mempercepat langkah untuk membangun industri pasar modal syariah yang dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional.


(WID)