Intel Compute Stick, PC Seukuran USB Drive Segera Hadir di Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 May 2015 18:14 WIB
intel
Intel Compute Stick, PC Seukuran USB Drive Segera Hadir di Indonesia
Intel Compute Stick memiliki ukuran sangat mungil.

Metrotvnews.com, Jakarta: Intel memperkenalkan sebuah produk baru, Intel Compute Stick di Jakarta hari ini, Selasa (5/5/2015). Ia merupakan sebuah komputer desktop super kecil yang bahkan Anda dapat masukkan ke dalam saku.

Intel Compute Stick menggunakan Intel Atom quad core sebagai prosesornya. Intel menyediakan Compute Stick dalam 2 versi. Versi pertama adalah Compute Stick dengan sistem operasi Windows 8.1, RAM 2GB dan memori internal 32GB. Sementara versi kedua menggunakan sistem operasi Ubuntu dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB.

Harry K. Nugraha, Country Manager Intel Indonesia mengatakan bahwa Intel Compute Stick saat ini sedang dalam proses sertifikasi dan baru akan muncul di pasar Indonesia pada akhir bulan Juni tahun ini. Saat ditanya mengenai harga, sayangnya dia tidak memberikan angka yang pasti.

Dia hanya mengatakan bahwa Intel Compute Stick akan memiliki harga di bawah Rp2 juta. Meski dia juga bergurau, berharap nilai dollar akan stabil. Salah satu hal yang Intel banggakan dari Compute Stick adalah karena ia sangat mudah untuk digunakan.

"Anda cukup colokkan Compute Stick ke port HDMI layar atau TV," kata Hermawan Sutanto, Channel Sales Director Intel Indonesia.

Meskipun begitu, Yohan menambahkan, Compute Stick masih memerlukan sumber energi eksternal karena voltase pada port USB TV yang ada sekarang ini masih belum cukup besar untuk menyokong Compute Stick. Walau ke depan, dia yakin akan muncul TV yang dapat menyokong daya listrik yang diperlukan Compute Stick.

"Hal ini terjadi karena TV yang ada sekarang ini tidak didesain untuk mendukung Compute Stick," katanya.

Untuk Compute Stick, Intel menyasar konsumen, perusahaan kecil, perusahaan yang memerlukan Thin Client Solution, seperti perbankan dan bidang edukasi, yang merupakan bidang yang menuntut komputer dengan penggunaan daya listrik rendah.


(ABE)