Apindo Pesimistis Target Penerimaan Pajak Terpenuhi

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 05 May 2015 18:15 WIB
pajak
Apindo Pesimistis Target Penerimaan Pajak Terpenuhi
Ketum Apindo Haryadi B Sukamdani. MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani mengatakan, target penerimaan pajak yang dicanangkan pemerintah tahun ini akan sulit tercapai. Mengingat, waktu yang tersisa cukup sempit.

"Pemerintah tetapkan belanja besar, target (penerimaan pajak) sulit. Dengan waktu sisa delapan bulan lagi, rasanya cukup berat," ujarnya di Grha Akuntan, Jalan Sindanglaya Nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2015).

Haryadi berharap tingginya target penerimaan pajak pemerintah tahun ini tidak sampai meresahkan masyarakat. Selain juga diharapkan tidak mendistorsi pasar dan pelaku usaha.

"Jangan sampai nanti muncul kembali peraturan yang mendistorsi pasar dan pelaku kita. (Contohnya saja) Seperti pajak properti, saat ini pasarnya (sedang) turun," cetus dia.

Bahkan dia mengkhawatirkan, jika penerimaan pajak tak tercapai justru pengusaha akan menjadi sasarannya. "Kalau target tak bisa digenjot (dari wajib pajak pribadi) secara sistematis yang diincar pengusaha," pungkasnya.

Sekadar informasi, target penerimaan pajak 2015 naik 30 persen menjadi sekira Rp1.296 triliun di luar Bea Cukai dan PPh Migas. Namun, hingga Maret 2015 penerimaan pajak baru tercapai sekira 13 persen dari target.


(WID)