Hati-Hati, Ini Bahayanya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Nia Deviyana    •    Selasa, 05 May 2015 18:31 WIB
kesehatanair minum
Hati-Hati, Ini Bahayanya Terlalu Banyak Minum Air Putih
Minum air terlalu banyak bisa sebabkan overhidrasi. (Foto:popsugar.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Air menjadi komponen penting penunjang kehidupan manusia. Itulah mengapa kekurangan air bisa menyebabkan dehidrasi dan berbagai masalah dalam tubuh kita.

Meski demikian, bukan berarti kita boleh minum air secara berlebihan. Pasalnya, minum air terlalu banyak juga bisa menyebabkan overhidrasi.

"Pengetahuan masyarakat tentang overhidrasi masih sangat minim. Padahal, overhidrasi bisa menimbulkan beragam dampak berbahaya, termasuk kematian," jelas Dr.dr. Murdani Abdullah, SpPD-KGEH dalam edukasi kesehatan di RSCM, Selasa (5/5/2015).

Overhidrasi terjadi saat seseorang minum air berlebihan dalam waktu singkat. Misalnya, dalam waktu 10-15 menit minum 1 liter air. Akibatnya, kelebihan cairan di dalam tubuh mengakibatkan konsentrasi natrium dalam plasma darah menjadi sangat rendah.

Adapun gejalanya, di antaranya, perut terasa penuh dan mual, sakit kepala, pusing, kaki dan tangan mengalami pembengkakan, terjadi gangguan kesadaran, dan apabila tak tertangani bisa menyebabkan koma dan meninggal dunia.

Menurut dokter Murdani, overhidrasi tidak boleh disepelekan dan perlu disosialisasikan. Pasalnya, masyarakat saat ini sedang tren dalam melakukan olahraga berat, contohnya lari jarak jauh.

"Dalam mengikuti kegiatan tersebut, biasanya peserta minum sebanyak-banyaknya untuk mencegah dehidrasi. Padahal, enggak bisa begitu. Air yang diminum harus disesuaikan juga dengan berat tubuh dan kebutuhan akan cairan," tambahnya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui status hidrasi tubuh?

"Paling mudah adalah melihat warna urin. Seseorang yang dehidrasi, urinnya kuning dan pekat. Sebaliknya, orang yang overhidrasi urinnya akan terlihat bening dan terang," jelasnya.

Jika terjadi overhidrasi, dokter Murdani menyarankan untuk mengonsumsi makanan asin sebagai pertolongan pertama. "Makanan asin bisa menarik air keluar sel. Tapi kalau sudah parah dan tidak sadarkan diri, lebih baik dibawa ke rumah sakit," saran dia



(LOV)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA