Berbohong Soal Cedera Bahu, Pacquiao Terancam Dipenjara

Hilman Haris    •    Selasa, 05 May 2015 18:50 WIB
tinju dunia
Berbohong Soal Cedera Bahu, Pacquiao Terancam Dipenjara
Manny Manny Pacquiao (kanan) (JOHN GURZINSKI / AFP)

Metrotvnews.com, Las Vegas: Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao berpotensi absen naik ring selama satu tahun akibat cedera bahu. Uniknya, cedera itu tidak ia dapat ketika bertanding melawan Floyd Mayweather Jr, Minggu 3 Mei. Pelatih Freddie Roach mengatakan kalau cedera bahu itu didapat Pacquiao saat dia melakukan latihan tanding.

Pengakuan Roach berpotensi membuat Pacquiao mendapatkan sanksi. Pasalnya jika benar cedera bahu itu didapat sebelum pertandingan, pelatih asal Filipina itu berarti telah membuat keterangan palsu soal kondisi fisiknya.

Pacquiao sempat diberi kuisioner sebelum pertandingan. Dalam salah satu pertanyaan, ia menjawab tidak di soal  "Apakah Anda memiliki cedera bahu, siku, atau tangan, yang diperlukan evaluasi atau pemeriksaan?" 

Menjadi masalah karena setelah menandatangani dokume kuisioner itu, Pacquiao dan penasehatnya, Michael Konz, berada di bawah sumpah telah memberikan informasi yang benar dan tepat. Ketika diketahui memberikan keterangan palsu, Pacquiao berarti sudah menyalahi aturan hukum Nevada, Amerika Serikat,  pasal 199 yang berbunyi,

"Seseorang yang dalam deklarasinya dibuat di bawah sumpah, membuat pernyataan yang disengaja dan palsu dalam masalah merupakan kejahatan kategori D dan harus dihukum."


Menurut hukum di Nevada, pelaku kejatahan seperti itu akan dipidana selama satu hingga empat tahun serta denda uang mencapai lima ribu dolar (Rp65 juta) 

"Kami akan mengumpulkan semua fakta dan mengikuti perkembangan. Sebagai pemegang lisensi komisi, Anda ingin memastikan para petarung memberikan informasi yang terbaru," ujar Ketua Komisi Atletik negara bagian Nevada, Francisco Aguilar. (Daily Mail)


(HIL)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

42 minutes Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA