Bangun PLTU di Gresik, AKR Corporindo Butuh USD 1,7 Miliar

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 05 May 2015 21:29 WIB
akr corpindo
Bangun PLTU di Gresik, AKR Corporindo Butuh USD 1,7 Miliar
Ilustrasi PLTU. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) bakal menginvestasikan dana sebesar USD1,6 miliar-USD1,7 miliar atau setara Rp19,22 triliun-Rp20,4 triliun dalam membangun dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur.

Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu mengatakan, pada saat ini perseroan mencari investor dalam membangun PLTU yang kapasitasnya mencapai 2x300 megawatt (mw). Sebab dana investasi membangun dua PLTU ini sangatlah banyak mencapai USD1,6 miliar-USD1,7 miliar.

"Kita punya rencana bangun PLTU di Gresik. Kita juga ada rencana kerja sama dengan PLN, tapi dalam tahap diskusi AKR dengan partner sudah membuat satu perusahaan namanya LMS. Ini masih dalam tahap feasibility study. Dalam waktu tiga sampai empat tahun ini PLTU bisa jadi di Gersik satu untuk memenuhi kebutuhan industri, dan kalau ada keperluan, kita akan supply lagi ke PLN," kata Suresh, ketika ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan RUPSLB perseroan di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Dia menguraikan, melalui anak usaha PT Santiniluwansa Lestari dan PT Amanah Indo Invest, perseroan mendirikan anak usaha yaitu PT Energi Manyar Sejahtera. Seperti diberitakan sebelumnya, Direktur Utama AKR Corporindo, Aryanto Hadikoesoemo menjelaskan, pembangunan PLTU di Gresik akan berbahan dasar batu bara dan gas bumi. Pembangkit ini sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik di proyek Java Integrated Industrial Port & Estate milik Perseroan.

Pembangunan PLTU ditargetkan dalam waktu tiga tahun sudah selesai. Artinya, AKR Corporindo bakal memiliki tambahan pendapatan dari bisnis penjualan listrik kepada tenant-nya di wilayah kawasan industri milik perseroan. Diperkirakan kontribusi listrik ke pendapatan perseroan baru terealisasi di 2018.


(AHL)

Djarot Sindir Anies-Sandi soal Pemasangan Poster

Djarot Sindir Anies-Sandi soal Pemasangan Poster

1 hour Ago

Djarot tidak mempermasalah pemasangan poster. Tapi, bila berlebihan bakal mengotori lingkungan.…

BERITA LAINNYA