Waspada, Jakarta Berpotensi Dikepung Banjir

   •    Selasa, 15 Jan 2013 07:37 WIB
Waspada, Jakarta Berpotensi Dikepung Banjir

ANTARA/M Agung Rajasa/zn

Metrotvnes.com, Jakarta: Warga Jakarta diimbau waspada setelah hujan berintensitas ringan hingga tinggi di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (15/1) dini hari menyebabkan debit beberapa sungai meninggkat.

Dalam keterangan pers yang diberikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, hingga pukul 07.00 WIB, debit sungai di beberapa sungai adalah sebagai berikut: Katulampa 200 cm (siaga II), Angke Hulu 210 cm (siaga II), dan Karet 560 cm (siaga I).

Dengan kondisi seperti itu, beberapa wilayah di Jakarta akan kebanjiran. Daerah yang berpotensi banjir yakni daerah di sekitar bantaran Sungai Ciliwung: Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Debit Sungai Ciliwung saat ini antara 150 dan 200 cm. Tinggi itu merupakan rekor selama musim penghujan 2012-13. Diperkirakan pada pukul 18.00-19.00 WIB, wilayah di sekitar Sungai Ciliwung akan dilanda banjir.

Tim reaksi cepat BNPB, BPBD DKI, Dinas PU DKI Jakarta, dan Balai Besar Wilayang Sungai Ciliwung, Cisadane, beserta unsur lainnya telah melakukan koordinasi dengan naiknya status Katulampa menjadi Siaga 2. (RO/OL-11)