Bareskrim Geledah Kantor SKK Migas

Kepala SKK Migas Minta KKKS & Pegawai SKK Migas Tenang

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 05 May 2015 21:37 WIB
korupsi migas
Kepala SKK Migas Minta KKKS & Pegawai SKK Migas Tenang
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi meminta kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dan pegawai SKK Migas untuk tetap tenang dan tidak khawatir terkait penggeledahan yang dilakukan Bareskrim Mabes Polri di Kantor SKK Migas.

"Dari sekitar pukul 3 sore sampai sekarang dan mungkin sampai malam dan besok pagi kantor SKK Migas sedang digeledah penyidik Bareskrim. Tidak perlu ada yang dikuatirkan," kata Amien, dalam sambutannya di acara 'Tatap Muka Menteri ESDM dengan KKS', di Kantor SKK Migas, Komplek Wisma Mulia, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Di hadapan para KKKS dan pegawai, Amien mengatakan untuk fokus pada acara ini saja dan tidak perlu menghawatirkannya.

"Saya paham proses hukum, jadi tidak perlu ada yang dikuatirkan, temen-temen SKK Migas dan KKKS. Kita fokus ke event ini (Tatap Muka) saja," ujarnya.

Amien menjelaskan penggeledahan itu terkait kasus dugaan korupsi penjualan kondesat untuk periode 2008-2009 kemarin. Dia menyebut dugaan korupsi tersebut sudah lebih dari lima tahun lalu dan baru disidik oleh Bareskrim Mabes Polri saat ini.

"Korupsi tersebut sudah lebih dari lima tahun lalu dan baru disidik oleh Bareskrim Mabes Polri saat ini," pungkas dia.

Sebagai informasi, berdasarkan keterangan resmi yang dikeluarkan Bareskrim, penggeledahan ini terkait dalam penyidikan tindak pidana korupsi dan atau pencucian uang dari penjualan kondensat bagian negara oleh SKK Migas kepada PT Trans Pacific Petrochemical Indonesia (PT TPPI) pada kurun waktu 2009-2010. Kerugian negara yang ditimbulkan kurang lebih sebesar USD156 juta atau Rp2 triliun.


(AHL)