Mobil Baru

Mercedes-Benz C-Class, Dirakit Lokal Tapi Minim Komponen Lokal

Ekawan Raharja    •    Selasa, 05 May 2015 22:22 WIB
mercedes-benz
Mercedes-Benz C-Class, Dirakit Lokal Tapi Minim Komponen Lokal
Mercedes-Benz C-Class sudah dirakit lokal, tapi minim komponen lokal. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang sudah lama memproduksi berbagai jenis kendaraan pabrikan asal Jerman tersebut. Namun nyatanya mobil-mobil tersebut masih minim pasokan komponen lokal.

Claus Weidner, President and CEO of Mercedes-Benz Indonesia (MBI), menuturkan bahwa sesungguhnya perusahaan yang dipimpinnya ingin bekerja sama dengan pemasok komponen lokal. Namun dirinya mengakui rencananya itu belum bisa terealisasi karena banyak hal yang menghambat.

"Pemasok yang kami butuhkan tidak siap, jadi kami berusaha melakukan apa yang mungkin dilakukan saat ini untuk dapat melakukan bisnis kami di Indonesia dan apa yang memungkinkan, misalnya dari segi ban disuplai dari lokal," ujar Claus Weidner hari Senin, 4 Mei, di Jakarta.

Claus Weidner sendiri menuturkan bahwa mobil yang diproduksinya memiliki kualitas dan spesifikasi yang tinggi. Tetapi dia melihat para pemasok komponen lokal belum dapat memenuhi spesifikasi dan kualitas yang dibutuhkan oleh mobil Mercedes-Benz.

Pihak MBI sendiri baru saja meluncurkan seri C-Class CKD di pasar otomotif Indonesia. Mobil tersebut diluncurkan bertepatan dengan moment 45 tahun MBI di Indonesia.


(UDA)