Seorang Kakek Terlibat Pencurian Lukisan Seharga 5 M

Aedy azeza ulfi    •    Rabu, 06 May 2015 02:06 WIB
pencurian
Seorang Kakek Terlibat Pencurian Lukisan Seharga 5 M
Polisi menunjukkan barang bukti lukisan yang dicuri Asep dan Irwan. Foto: Metrotvnews.com /Aedy Azeza Ulfi

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Heru Pranoto mengatakan, salah seorang pencuri lukisan seharga Rp 5 miliar adalah kakek berusia 60 tahun. Ia ditangkap di rumahnya di Sawangan, Depok.

"IP berusia 60 tahun, lahir tahun 1955," katanya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (5/5/2015).

Heru mengungkapkan, sang kakek yang bernama Irwan Perwito ini sehari-hari bekerja di rumah korban. Keluarga korban tidak curiga Irwan akan mencuri lukisan itu. Ia melakukan aksi perncurian bersama Asep Kurnia, 31, yang ditangkap di rumahnya di Dusun Pon, Kelurahan Setianegara, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.

"Irwan sudah biasa keluar masuk rumah korban. Jadi, keluarga tidak curiga dan saat itu kondisi rumah kosong," tuturnya.

Di rumah korban, Irwan bekerja sebagai pekerja lepas untuk memperbaiki pendingin ruangan dan instalasi listrik. Lukisan itu tidak langsung dicuri, tapi dipalsukan.

Dia meminta bantuan Asep untuk memalsukan lukisan itu. Setelah itu lukisan palsu ia letakkan di rumah korban, sedangkan yang asli ia bawa kabur.

"Irwan memerintahkan Asep membawa lukisan ke Depok. Lukisan diduplikat selama delapan jam. Kejadian ini pada 2006," jelas Heru.

Anak Widjojo, Wijaya Laksmi Kusuma Ningsih baru sadar jika lukisan di rumahnya palsu saat melihat lukisan asli dilelang melalui internet. Dia pun melaporkan hal itu ke polisi.

Barang bukti yang disita petugas, satu lukisan potret diri karya Affandi dan satu buah lukisan potret gambar Barong karya Sunaryo. Tersangka terancam Pasal 363 KUHP dengan hukuman tujuh tahun kurungan.


(Des)