26 WNI Dipulangkan dari Nepal Hari Ini

Fajar Nugraha    •    Rabu, 06 May 2015 07:31 WIB
gempa nepal
26 WNI Dipulangkan dari Nepal Hari Ini
Koordinasi bantuan untuk Nepal dari tim kemanusiaan Indonesia (Foto: Dok.Kemlu)

Metrotvnews.com, Kathmandu: Tim Evakuasi WNI dari Nepal akan kembali ke Jakarta pada Rabu, 6 Mei 2015. Bersamaan dengan itu, 26 WNI juga turut serta.

Tim akan diterbangkan dengan pesawat B 737-400 TNI AU yang direncanakan akan meninggalkan Kathmandu sekitar pukul 08.00 waktu setempat dan tiba di Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 19.30 WIB. Dalam perjalanan pesawat akan melakukan transit di Dhaka dan Banda Aceh.

"Selain membawa kru, tim evakuasi dan sejumlah relawan, pesawat tersebut juga direncanakan akan membawa 26 WNI dari Nepal yang meminta bantuan pemulangan oleh Pemerintah. Sebagian besar WNI yang selamat dari gempa bumi di Nepal telah telah pulang menggunakan pesawat komersial dan sebagian lainnya memilih untuk tetap tinggal dan membantu operasi kemanusiaan," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Lalu Muhammad Iqbal, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (6/5/2015).

Namun beberapa orang akan tetap berada di Nepal untuk membantu Nepal. Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh dan Nepal Iwan Wiranataatmadja, merupakan salah yang tetap di Nepal.

Dubes Iwan akan ditemani bersama tim yang terdiri dari Kemlu, BNPB, anggota Paskhas TNI AU yang memiliki kualifikasi SAR, relawan dan wakil dari Taruna Hiking Club (THC) akan tetap berada di Kathmandu untuk waktu terbatas. Tim tersebut akan melanjutkan upaya pemberian bantuan kemanusiaan. Tim juga akan memberikan dukungan bagi upaya search and rescue (SAR) yang akan dilakukan Angkatan Bersenjata Nepal.

"Dengan kondisi yang sangat sulit di wilayah Langtang, upaya pencarian dan evakuasi hanya dapat dilakukan oleh spesialis SAR dan dengan peralatan yang memadai. Karena itu, proses tersebut akan dikoordinasikan oleh Angkatan Bersenjata Nepal," tutur Dubes Iwan.

"Sesuai arahan Menlu, tim yang masih ada di Kathmandu akan terus memberikan dukungan yang memungkinkan bagi upaya yang dilakukan Angkatan Bersenjata Nepal," imbuhnya, kelanjutan upaya evakuasi terhadap tiga WNI yang diperkirakan berada di wilayah Langktang.

Sementara itu, 13 orang dokter anggota Tim Evakuasi pada Selasa (5/5/2015) telah berkunjung ke Rumah Sakit Tribuvan Teaching University (TTU), Kathmandu, untuk mengidentifikasi sekitar 120 jasad yang dikabarkan telah dievakuasi dari lokasi yang tertimpa longsoran salju di Langtang. Namun demikian, hingga kini jenazah tersebut belum tiba di Kathmandu sehingga Tim dokter akan kembali ditugaskan ke RS TTU pada 6 Mei 2015.


(FJR)