Lukisan Pohon Musim Gugur Van Gogh Terjual Rp859 M

Willy Haryono    •    Rabu, 06 May 2015 09:53 WIB
karya seni
Lukisan Pohon Musim Gugur Van Gogh Terjual Rp859 M
Lukisan karya maestro Belanda Van Gogh, "Les Alyscamps" --- AFP / JUSTIN TALLIS

Metrotvnews.com, New York: Sebuah lukisan karya maestro Van Gogh terjual lebih dari USD66 juta atau setara Rp859 miliar dalam pelelangan di New York, Amerika Serikat, Selasa (5/5/2015). 

Seperti dikutip AFP, ini merupakan karya termahal sang pelukis asal Belanda sejak 1998. 

Menurut organisasi lelang Sotheby, lukisan "Les Alyscamps" milik Van Gogh yang menampilkan pepohonan musim gugur, diharapkan dapat terjual sekitar USD40 juta. Namun seorang kolektor asal Asia berani membayar USD66,3 juta setelah terjadinya perang harga antar lima calon pembeli lainnya.

Mahakarya yang terjual dengan harga selangit lainnya adalah "Water Lilies" karya pelukis Prancis, Claude Monet. Lukisan itu terjual USD54 juta atau Rp703 miliar. 

Lukisan termahal Van Gogh sebelumnya terjual pada 1990, saat "Portrait of Dr Gachet" terjual USD82,5 juta di New York. Jika dihitung dengan kurs Dolar AS saat ini, nilainya mencapai USD153 juta atau Rp1,9 triliun. 

Terdapat beberapa mahakarya lain yang akan dilelang di Sotheby, termasuk "The Women of Algiers (Version 0) karya Pablo Picaso dan "Man Pointing" buatan Alberto Giacometti.


(WIL)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA