AS Tawarkan USD20 Juta untuk Informasi Tentang Petinggi ISIS

Fajar Nugraha    •    Rabu, 06 May 2015 10:48 WIB
isis
AS Tawarkan USD20 Juta untuk Informasi Tentang Petinggi ISIS
Militan ISIS yang kuasai sebagian wilayah Irak dan Suriah (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Washington: Pemerintah Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah total USD20 juta bagi siapapun yang bisa memberikan informasi tentang keberadaan empat orang petinggi Islamic State (ISIS).
 
Keempat petinggi ISIS yang dimaksud oleh AS adalah as Abd al-Rahman Mustafa al-Qaduli, Abu Mohammed al-Adnani, Tarkhan Tayumurazovich Batirashvili dan Tariq Bin-al-Tahar Bin al Falih al-'Awni al-Harzi.
 
Mereka adalah tersangka yang dicari atas keterlibatan dalam berbagai aksi radikalisme. 
 
Untuk Al-Qaduli, pihak Kementerian Luar Negeri AS menawarkan hadiah hingga USD7 juta. Sosoknya dikenal sebagai tokoh senior yang sebelumnya bergabung dengan Al Qaeda di Irak.
 
Sementara hadiah USD5 juta diberikan untuk informasi mengenai Adnani dan Batirashvili. Selain juga USD3juta untuk informasi mengenai Al-Harzi.
 
"Adnani disebut-sebut sebagai juru bicara ISIS. Sementara Batirashvili adalah komandan pertempuran di Suriah. Sementara Harzi adalah pimpinan pasukan bom bunuh diri ISIS," sebut pihak Kementerian Kehakiman AS, seperti dikutip Associated Press, Rabu (6/5/2015).
 
Ini bukan pertama kalinya AS menawarkan hadiah untuk informasi mengenai teroris. Hadiah melalui skema Rewards for Justice scheme.
 
Sebelumnya hadiah USD25 juta ditawarkan untuk informasi mengenai pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri dan hadiah USD10 juta untuk pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.



(FJR)