Wow, Investor Korea Bangun Pembangkit Listrik Sekam Padi

Antara    •    Rabu, 06 May 2015 10:54 WIB
energi alternatif
<i>Wow</i>, Investor Korea Bangun Pembangkit Listrik Sekam Padi
Investor Korea Bangun Pembangkit Listrik Sekam Padi. Antara/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah perusahaan swasta dari Korea Selatan menyatakan telah siap membangun pembangkit listrik dari energi terbarukan di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), yang akan memanfaatkan sekam padi dan sabut kelapa sebagai bahan bakarnya.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulteng Bunga Elim Somba mengatakan, perusahaan itu telah mempresentasikan rencana investasinya di hadapan Wakil Gubernur Sulteng H Sudarto pekan lalu. "Pemprov Sulteng menyambut gembira rencana investasi itu dan akan memberikan bantuan dan kemudahan-kemudahan yang diperlukan investor untuk mempercepat realisasinya," ujar Elim di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Elim tidak merinci identitas investor itu kecuali mengemukakan bahwa perusahaan itu adalah swasta nasional Korea Selatan yang bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat yang akan menyediakan teknologi pembangkit yang akan mereka bangun. Sedangkan mengenai nilai investasi, Elim juga tidak merinci kecuali menyebutkan perkiraan yang mencapai triliunan rupiah.

"Pemprov Sulteng juga meminta agar bisa memiliki saham di dalamnya. Kami minta 10 persen supaya kita juga terikat dengan perusahaan itu sehingga bisa berperan dan berbuat sesuatu di dalam bisnis ini," ujarnya.

Pihak investor, katanya, menyambut baik masuknya pemprov Sulteng sebagai pemegang saham karena dengan demikian perusahaan asing itu merasa lebih mendapat jaminan dukungan dan peran penting pemerintah daerah dalam menjalankan usahanya ke depan.

Elim menambahkan, investor ini sudah melakukan studi kelayakan dan sedang bernegosiasi dengan PT PLN (Persero) yang akan mendistribusikan listrik dari energi terbarukan itu, sebab perusahaan ini tidak akan membangun jaringan distribusi. Pembangkit ini akan berkapasitas 33 Megawatt (MW) dan lokasinya diharapkan
berada tidak jauh dari Kota Palu karena daya listriknya dipasok untuk kebutuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

Alasannya, bila industri menggunakan listrik dan sumber daya lainnya dari energi yang terbarukan maka produk-produk mereka akan lebih diterima di pasar global.

Pembangunan pembangkit listrik berbahan baku sekam padi dan sabut kelapa ini sangat potensial didirikan di Sulteng karena merupakan daerah penghasil padi dan kelapa, di mana sekam dan sabutnya selama ini sebagian besarnya masih dibuang sebagai sampah.

Perusahaan itu, kata Elim, sudah turun ke lapangan menemui penggilingan-penggilingan padi untuk membuat kesepakatan agar semua penggilingan bersedia memberikan sekam yang dihasilkannya kepada pembangkit yang akan didirikan nanti. Dia berharap pembangunan pembangkit listrik dari energi terbarukan itu bisa direalisasikan tahun 2015 ini.


(WID)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

13 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA