Hillary Clinton Perjuangkan Kewarganegaraan Imigran Gelap di AS

Willy Haryono    •    Rabu, 06 May 2015 10:57 WIB
hillary clinton
Hillary Clinton Perjuangkan Kewarganegaraan Imigran Gelap di AS
Calon presiden Hillary Clinton (tengah) berdiskusi mengenai reformasi imigrasi di sebuah sekolah di Las Vegas, Nevada, AS, Selasa (5/5/201%) --- AFP / Ethan Miller / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Metrotvnews.com, Las Vegas: Calon presiden Hillary Clinton berencana memperjuangkan status kewarganegaraan penuh bagi sekitar 11 juta imigran gelap di Amerika Serikat. 

Pernyataan ini bertolak belakang dengan Partai Republik, yang disebutnya kurang memperdulikan nasib imigran. 

Clinton menyebut imigrasi sebagai masalah keluarga dan ekonomi. Bukan hanya anak-anak imigran, ia juga ingin membuat orangtua mereka semua dapat hidup tentram di Negeri Paman Sam.

"Kita tidak bisa menunggu lebih lama lagi atas terbentuknya jalur menuju kewarganegaraan penuh dan setara," tutur Clinton di sebuah sekolah di Las Vegas, seperti diwartakan AFP, Selasa (5/5/2015). 

Menurut Clinton, isu imigrasi akan menjadi perdebatan panas saat kampanye pemilihan umum presiden. "Hari ini, tidak ada satu pun kandidat Republik yang mendukung secara jelas status kewarganegaraa (imigran gelap), tidak ada satu pun," ungkap mantan Menteri Luar Negeri AS itu. 

Sekitar 27 persen populasi Nevada, negara bagian dari Las Vegas, adalah Hispanik, yang merupakan sebagian besar ras imigran gelap di AS. 

Selama ini, banyak imigran yang tinggal di AS dengan hanya menggunakan visa sementara atau tidak sama sekali. 



(WIL)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

43 minutes Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA