Menkumham Cek Aktivitas di Lapas Via Gadget

Tri Kurniawan    •    Rabu, 06 May 2015 12:00 WIB
narapidana
Menkumham Cek Aktivitas di Lapas Via <i>Gadget</i>
Sejumlah warga binaan kasus narkoba berada di ruang tahanan Rutan Kelas II A Pontianak, Senin 27 Mei 2015. Antara Foto/Jessica Helena Wuysang

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembenahan lembaga pemasyarakatan harus total. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly ingin kondisi di semua lembaga pemasyarakatan bisa ia monitor dari kantornya.

"Perbaikan sistem yang agak total itu seperti di lembaga pemasyarakatan. Kekurangan tenaga nanti kami MoU dengan Bintara TNI," kata Yasonna kepada Metrotvnews.com, Selasa 6 Mei 2015.

Yasonna akan memasang kamera pengintai untuk memantau kegiatan narapidana dan staf di semua lembaga pemasyarakatan. Jaringan kamera pengintai di lapas terkoneksi dengan monitor di Kantor Kementerian Hukum dan HAM. "Sehingga kami bisa pantau," tegasnya.



Tersangka kasus korupsi Deddy Kusdinar menuju mobil tahanan usai salat bersama penghuni lapas di LP Cipinang, Jakarta Timur, Kamis 8 Agustus 2013. Antara Foto/Zabur Karuru


Menurutnya, semua pintu masuk di lapas harus menggunakan sidik jari. Sehingga tidak sembarangan orang bisa keluar masuk. Aktivitas di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, sudah bisa Yasonna pantau melalui gadgetnya.

"Kalau terkoneksi dengan baik saya bisa cek blok I, blok II, pintu masuk, pintu III ngapain saja orangnya, di kantor ngapain saja orangnya. Bisa kami lihat tanpa datang," ujarnya.

Dia memprioritaskan semua lembaga pemasyarakatan yang berpotensi ada masalah dipasangi kamera pengintai yang terkoneksi dengan Kantor Kementerian Hukum dan HAM.

"Seperti LP Salemba, Tanjung Gusta, Sukamiskin, nanti kami minta tersistem," paparnya.


(TRK)