Enam Korban Longsor Pangalengan Belum Ditemukan

Latief Rochyana    •    Rabu, 06 May 2015 12:08 WIB
longsor
Enam Korban Longsor Pangalengan Belum Ditemukan
Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap para korban longsor di Kampung Cibitung, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Foto: Latief Rochyana

Metrotvnews.com, Bandung: Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap para korban longsor di Kampung Cibitung, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sebanyak enam masih dinyatakan masih hilang dan empat korban yang berhasil ditemukan.

Untuk mengefektifkan pencarian, tim SAR gabungan terdiri dari BPBD, Basarnas, aparat Polri dan personel TNI, dibantu warga setempat melakukan penyirisan di sekitar lokasi longsor setinggi satu kilometer itu. Lokasi tersebut hanya berjarak sekitar 200-300 meter dari permukiman warga.

Sejumlah alat berat, seperti tiga eskavator mulai dikerahkan ke sejumlah titik pencarian, di antaranya kolam pemancingan, kebun teh, dan permukiman. Meski demikian, pencarian belum mendapatkan hasil, menyusul
luasnya areal longsoran.

Penyebab terjadinya longsor masih simpang siur. Namun, dugaan sementara, longsor akibat meledaknya pipa (uap bertekanan tinggi) panas bumi bertekanan tinggi milik PT Star Energy disertai pergeseran
tanah, yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari permukiman warga. PT Star Energi sendiri berdiri sejak 1998.

"Hingga saat ini kami belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya longsor, karena masih dalam penyelidikan. Jadi, untuk kepastiannya tunggu saja hasil penyelidikan aparat di lokasi kejadian," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Sulistyo Pudjo Hartono, Rabu (6/5/2015).

Keempat korban tewas yang berhasil ditemukan, yaitu , yaitu Iran Sobarna, 55, dan pasanagan kakek dan nenek, Pardi, 70, dan Oja, 60, serta  cucunya Nayla 1,5 tahun.

Komandan Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol ARH Tri Sugianto, mengatakan korban yang belum ditemukan dan diduga tertimbun sekitar 6-8 orang. Hari ini tim gabungan menargetkan dapat menemukan para korban lainnya yang diduga masih tertimbun itu.

 


(BOB)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

13 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA