Pemerintah Daerah Diminta Fokus Kendalikan Inflasi

Mufti Sholih    •    Rabu, 06 May 2015 12:28 WIB
inflasi
Pemerintah Daerah Diminta Fokus Kendalikan Inflasi
Menkeu Bambang Brodjonegoro. ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro Soemantri bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka membicarakan masalah pengendalian inflasi di daerah.

Menurut Bambang, fokus pengendalian inflasi bukan hanya milik pemerintah pusat. Melainkan, tugas pemerintah daerah juga.

"Kita fokus pada pengendalian inflasi, pada akhir bulan ini ada pertemuan inflasi daerah. Intinya ingin sosialisasikan kepada seluruh kepala daerah, gubernur, wali kota bahwa seolah-olah inflasi ini adalah pusat. Padahal inflasi langsung menyentuh kepentingan masyarakat di daerah," kata Bambang seusai bertemu Presiden, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2015).

Bambang menekankan, pemda harus punya concern yang sama dengan pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi. Apalagi, pemda punya tim pengendali inflasi daerah yang bertugas mengendalikan inflasi di daerah mereka.

"Gubernur BI selaku koordinator TPID berharap Presiden bisa memberikan arahan dan dorongan kepada daerah untuk memberikan kontribusi terkait inflasi kepada pemerintah pusat," imbuh dia.

Keinginan pemda terlibat, kata Bambang, lantaran selama ini stabilitas harga sebagai salah satu pemicu inflasi, selalu dikaitkan dengan pemerintah pusat. Padahal, kata Bambang, pemda bisa melakukan tindakan cepat mengatasi kenaikan harga.

"Hal seperti itu yang mau didorong sehingga pemda punya peran untuk inflasi," tegas dia.


(AHL)