Usut Kasus Haji, KPK Panggil Pejabat Kemenag

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 06 May 2015 12:29 WIB
korupsi haji
Usut Kasus Haji, KPK Panggil Pejabat Kemenag
Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (Foto:MI/Rommy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua pegawai negeri sipil Kementerian Agama (Kemenag) untuk mengusut kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji 2012-2013.
 
"Keduanya akan dimintai keterangan sebagai saksi bagi tersangka SDA (Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2015).
 
Dua PNS yang dipanggil adalah Rosandi dan Mir Ja'far. Rosandi diketahui menjabat Staf Tata Usaha Kemenag yang pernah diperiksa sebagai saksi pada 24 Juli 2014 lalu. Keduanya diduga tahu ihwal kasus yang menjerat SDA. "Keterangan yang bersangkutan dibutuhkan penyidik," kata Priharsa.
 
SDA resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini pada 22 Mei 2014. Ia diduga menyalahgunakan dana penyelenggaraan haji sebesar Rp 1 triliun yang berasal dari APBN dan setoran calon jamaah haji melalui tabungan haji.
 
Ada beberapa komponen yang diduga dimainkan dalam perkara itu. Diantaranya, pemanfaatan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), pengadaan pemondokan, transportasi, katering, serta pemberangkatan haji pejabat dan sejumlah tokoh dengan menggunakan dana masyarakat.
 
SDA diduga melanggar pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 UU 31 tahun 1999, tentang Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 kesatu dan juncto pasal 65 KUHP. Atas sangka ini, SDA membuat perlawanan.
 
Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini mengajukan praperadilan. Namun, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak seluruh permohonan praperadilan SDA. Ia kini sudah ditahan lembaga antikorupsi di Rutan Guntur sejak Jumat 10 April lalu.


(FZN)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

11 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA