Dubes Qatar: Indonesia Kondusif Untuk Investasi

Antara    •    Rabu, 06 May 2015 13:17 WIB
investasi
Dubes Qatar: Indonesia Kondusif Untuk Investasi
Ilustrasi. Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Padang: Duta besar Qatar untuk Indonesia Mohammed Khater Al-Khater menilai situasi Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sangat kondusif untuk berinvestasi. "Situasi kondusif menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk bisa menarik minat investor menanamkan modalnya di Indonesia, termasuk di Sumatera Barat," kata Dubes Al-Khater di Padang, Rabu (6/5/2015).

Menurut dia, investor dari Qatar juga tertarik untuk menanam modal di Indonesia, meskipun selama ini hubungan ekonomi itu sudah terjalin. Dia mengatakan Qatar memiliki sejumlah usaha di Indonesia, diantaranya jaringan perbankan yang telah memiliki 50 cabang di seluruh daerah di Indonesia dan juga usaha di bidang telekomunikasi.

Dubes Al-Khater juga menegatakan banyak warga masyarakat Indonesia yang berada di Qatar bekerja di berbagai bidang sebagai profesional. "Jumlah masyarakat Indonesia di Qatar hampir mencapai  45 ribu orang, sebagian besar  bekerja sebagai profesional," tuturnya.

Menurut dia, seperti diterjemahkan Ketua Yayasan Fajar Hidayah Misdas Eka Yora, selain hubungan ekonomi, Qatar juga siap membantu masyarakat Indonesia yang telah dianggap sebagai saudara oleh rakyat Qatar. "Jika saudara kami di Indonesia terkena musibah, seperti saat tsunami, Qatar akan siap membantu," ucapnya.

Di Sumbar, katanya, juga ada sejumlah proyek sosial yang telah dilakukan dengan anggaran miliaran rupiah. Tentang kemungkinan adanya investasi Qatar di Sumbar, dia mengatakan akan menjajaki terlebih dahulu.

"Kami belum tahu potensi daerah ini. Mudah-mudahan dalam kunjungan ini akan terbuka semua informasi yang diperlukan untuk penjajakan kemungkinan kerja sama di berbagai bidang," ujarnya. Namun dia yakin ke depan kerja sama ekonomi Qatar-Sumbar bisa terjalin dengan baik.


(WID)