Tak Ditahan, Polri: Zainal Soleman Kooperatif

Githa Farahdina    •    Rabu, 06 May 2015 13:19 WIB
korupsi ups
Tak Ditahan, Polri: Zainal Soleman Kooperatif
Brigjen Pol Agus Rianto. Foto: Githa Farahdina/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Zainal Soleman, tersangka kasus pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS) di DKI Jakarta tampaknya masih bisa bernafas lega. Hingga hari ini, Bareskrim Polri belum menahannya.

Nasib Zainal beda dengan tersangka lain, Alex Usman yang kini sudah ditahan. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Agus Rianto mengatakan Zainal sebetulnya sudah pernah diperiksa penyidik Bareskrim. Tapi tak diketahui media.

Agus mengatakan Zainal tak ditahan, karena dinilai tak menghambat proses pemeriksaan. "Soleman sudah dipanggil dan dimintai keterangan, tidak ditemui hambatan lah. Antara lain karena kooperatif," kata Agus di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2015).

Penahanan, kata Agus, bukan sebuah keharusan. "Penahanan kan dalam UU dapat, tidak harus. Ada persyaratan objektif dan subjektif," terang Agus.

Agus meminta semua pihak bersabar, karena penyidik harus bisa memilah kasus mana yang jadi prioritas. "Sabarlah, yang jelas ditangani," tegasnya.

Alex dan Zainal dijadikan tersangka terkait dugaan korupsi dalam pengadaan alat UPS di sekolah-sekolah di DKI Jakarta tahun anggaran 2014.

Keduanya dijerat dengan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 51 ayat (1) ke 1 KUHP.


(KRI)