Marketing Bisa Tingkatkan Pariwisata Hingga 50%

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 06 May 2015 15:20 WIB
mark plus
<i>Marketing</i> Bisa Tingkatkan Pariwisata Hingga 50%
Ilustrasi. Antara/Fikri Yusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, dengan metode pemasaran yang tepat, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia seharusnya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan tanpa perlu perubahan apapun.

"Hanya dengan marketing pariwisata bisa naik 50 persen tanpa diubah dengan apapun, sehingga diharapkan  bisa naik sampai 13,5 juta (orang)," ujarnya di lokasi Jakarta Marketing Week (JMW) 2015 di mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (6/5/2015).

Namun begitu, Arief menambahkan, dengan anggaran yang baru saja disetujui, wisatawan baru bisa naik sekira 25 persen. "Tapi dengan APBN yang baru disetujui jadi baru bisa sekitar 25 persen saja naiknya," tutur dia.

Menurutnya, industri pariwisata sendiri sudah ditetapkan menjadi leading sector oleh pemerintah. Selain itu, pariwisata juga termasuk top 5 penyumbang devisa dan 10 persen dari PDB, serta penyerap tenaga kerja paling besar.

Sementara bagi para investor, Arief menyatakan jika keuntungan kembali yang didapatkannya juga tergolong besar, tak kalah dari investasi di sektor properti dan lainnya.

"Return-nya juga besar bagi para investor. Makanya kalau ada investor yang tertarik investasi di sektor pariwisata silakan datang ke saya," pungkasnya.


(WID)