Kuartal II-2015, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Semakin Prospektif

Antara    •    Rabu, 06 May 2015 15:20 WIB
pertumbuhan ekonomi
Kuartal II-2015, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Semakin Prospektif
Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi pada kuartal II-2015 pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin prospektif dan lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya. Optimisme ini muncul lantaran sudah ada perbaikan yang dilakukan dan siap diimplementasikan di kuartal selanjutnya.

"Insya Allah kuartal II-2015 akan lebih baik karena kita tahu anggarannya telah tersedia, proses pengadaannya sudah disusun," kata Gubernur BI Agus Martowardojo, setelah rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Agus meyakini bahwa pada kuartal II-2015 hingga kuartal IV-2015 ini akan ada percepatan serapan anggaran yang lebih baik yang akan bisa membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia terjaga, khususnya dari sisi belanja pemerintah dan investasi. Pihaknya juga melihat reformasi struktural yang dilakukan pemerintah telah sesuai harapan.

"Hal yang perlu mendapatkan fokus dukungan mulai dari pengalihan subsidi BBM, PTSP, pemberian kewenangan kementerian/lembaga agar PTSP memberikan izin, pembangunan infrastruktur, dan pembangkit listrik itu bagus," katanya.

Agus mengaku semakin optimistis karena posisi pemerintah yang menyatakan akan menjaga fiskal tetap berkesinambungan, selain juga akan menjaga agar transaksi berjalan berada pada tingkat yang lebih sehat dengan terus berupaya memberikan stimulus.

"Jadi, itu adalah langkah-langkah yang menurut saya baik, dan kami dari BI hanya bisa memberikan masukan dan terus mengikuti dan kami yakin koordinasi yang baik dengan pemerintah dan BI akan menjamin stabilitas makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan," pungkasnya.


(ABD)