Kopilot Germanwings Sempat "Berlatih" Hantamkan Pesawat

Willy Haryono    •    Rabu, 06 May 2015 15:53 WIB
pesawat germanwings jatuh
Kopilot Germanwings Sempat
Kopilot Germanwings 4U 9525 Andreas Lubitz saat mengikuti lomba lari di Hamburg, Jerman, pada 2009 - Reuters / FOTO TEAM MUELLER

Metrotvnews.com, Berlin: Kopilot yang diyakini secara sengaja menabrakkan pesawat Germanwings ke Pegunungan Alpen diduga telah "berlatih" bermanuver dalam penerbangan sebelumnya. Demikian dilaporkan surat kabar Jerman, Bild, Rabu (6/5/2015). 

Mengutip sejumlah sumber yang dekat dengan tim investigasi Prancis, Bild menyebut kopilot Andreas Lubitz, pernah mencoba "menukik tajam selama beberapa menit tanpa alasan jelas" dalam penerbangan sebelumnya dari Duesseldorf ke Barcelona. 

Tim mengetahui hal tersebut setelah memeriksa rekaman percakapan kotak hitam pesawat Germanwings. Otoritas Prancis dijadwalkan merilis laporan interim investigasi dalam waktu dekat. 

Dalam laporan sebelumnya, Lubitz yang berusia 27 tahun juga diduga mencampurkan sesuatu ke minuman kapten agar dapat sendirian di kokpit. 

Laporan obat diuretik muncul di tengah dorongan masyarakat terhadap perjuangan Sondenheimer yang berusaha menghentikan Lubitz. 

Sondenheimer adalah ayah dua anak, yang masing-masing masih berumur enam dan tiga tahun. Dia berada di Germanwings 4U 9525 karena mengubah rute penerbangannya dari jarak jauh menjadi jarak pendek agar bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. 

Germanwings 4U 9525 menabrak Pegunungan Alpen dengan kecepatan hingga 700 kilometer per jam pada 24 Maret. Seluruh penumpang serta kru yang berjumlah 150 tewas seketika. 



(WIL)