Skuat Piala Sudirman Indonesia Masih Mungkin Berubah

Maggie Nuansa Mahardika    •    Rabu, 06 May 2015 18:58 WIB
piala sudirman 2015
Skuat Piala Sudirman Indonesia Masih Mungkin Berubah
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat tampil di Asian Games 2014 (Foto: AFP PHOTO / JUNG YEON-JE)

Metrotvnews.com, Jakarta: Manajer tim Indonesia untuk Piala Sudirman 2015 Rexy Mainaky masih membuka peluang untuk mengubah formasi tim jika memang diperlukan sebagai strategi. Namun, jika memang harus membuat pemain andalan bermain rangkap, hal itu akan diperhitungkan matang-matang.

Rexy mengakui, kemungkinan untuk mengubah formasi pasti ada. Indonesia sendiri pada Piala Sudirman dua tahun lalu sempat mengejutkan Tiongkok dengan mainnya Liliyana Natsir di dua sektor, yakni ganda campuran dan ganda putri. "Saat itu Butet (panggilan akrab Liliyana) memang main rangkap sebagai strategi menekan lawan. Sebetulnya kali ini kalau berjalan sesuai order, ganda putri kita bisa jadi andalan, tak harus andalkan Butet terus. Tapi kalau memang dibutuhkan untuk strategi, tetap memungkinkan," kata Rexy.

Rexy harus waspada menjalankan strategi tersebut. Ia mengungkapkan, jika pemain andalan bermain rangkap, maka sebetulnya mengorbankan salah satu sektor. "Misalnya jika Butet main rangkap di ganda putri, berarti mengorbankan ganda campurannya. Harus dianalisa lebih mendalam agar strategi itu menguntungkan buat Indonesia, bukan sebaliknya. Kalau soal potensi, pemain kita banyak yg berpotensi main rangkap,"jelasnya.

Dikonfirmasi tentang persiapan strategi main rangkap, Liliyana mengaku tak menyiapkan diri khusus untuk itu. "Kalau main rangkap saya memang tak pernah ada persiapan khusus, dua tahun lalu memang strateginya begitu jadi mau tak mau harus main. Tahun ini juga ganda putri ditargetkan sumbang poin, semoga mereka bisa tunjukan itu," ujar pasangan Tontowi Ahmad di sektor ganda campuran itu.

Tak hanya manajer, pelatih sektor putri pun sudah siap ramu taktik. Pelatih ganda putri nasional Eng Hian misalnya. Selain mengedepankan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Eng Hian juga siapkan formasi lain, yakni memasangkan Della Destiana Haris dengan Nitya. Sebelumnya, tertulis Della dipasangkan dengan Anggia Shitta Awanda. "Kami sudah pernah mencoba melatih Della berpasangam dengan Nitya. Di situ kemampuan teknik dan mental Della cukup stabil, dia konsisten saat bermain,"ujarnya.



(ACF)