BI Pastikan Peningkatan Sektor Usaha Potensial di Jateng

Antara    •    Rabu, 06 May 2015 18:59 WIB
bank indonesia
BI Pastikan Peningkatan Sektor Usaha Potensial di Jateng
BI (Foto: MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Semarang: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan peningkatan sektor usaha potensial di Jateng seiring dengan pendampingan yang dilakukan BI untuk pertumbuhan sektor tersebut.

"Salah satu sektor yang terus kami dampingi adalah klaster padi organik di Kabupaten Semarang," kata Kepala BI Kanwil V Jateng, DIY Iskandar Simorangkir, di Semarang, Rabu (6/5/2015).

Menurutnya, setelah ada pendampingan tersebut, volume panen padi organik juga menjadi lebih besar. Jika awalnya hanya menghasilkan empat sampai dengan lima ton per hektare (ha), untuk saat ini setiap hektarnya bisa menghasilkan delapan ton padi.

Hal lain yang diperhatikan oleh BI adalah pengolahan pascapanen yang biasanya tidak efektif menjadi lebih efektif. Jika sebelumnya banyak hasil panen yang terbuang sia-sia akibat menerapkan cara panen konvensional, namun saat ini banyak petani menggunakan mesin modern sehingga hasil panen yang terbuang bisa lebih diminimalisasi. 

"Sebelumnya, dengan menggunakan metode panen konvensional hasil panen yang terbuang bisa sekitar 10 persen sampai dengan 20 persen, namun sekarang tidak lebih dari 10 persen," jelasnya.

Diakuinya, selama ini para petani memang mengeluhkan pengolahan pascapanen yang berdampak pada kerugian petani. Oleh karena itu, BI juga membantu dari sisi peralatan modern.

Mengenai penggunaan mesin modern tersebut, juga membantu para petani yang akhir-akhir ini kesulitan mencari tenaga bantu karena banyak masyarakat usia produktif yang lebih memilih untuk bekerja di sektor industri. 

"Semakin banyak perusahaan di Jateng tentu kebutuhan tenaga kerja semakin besar. Jadi, keberadaan mesin modern tersebut sangat membantu para petani," pungkasnya.



(ABD)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA